Sukses? Yuk, Kita Bahas!

0
256

Sukses adalah impian dan harapan bagi setiap orang, namun proses untuk mencapainya tentu tidak mudah.  Banyak rintangan dan cobaan dalam mencapai kesuksesan sehingga dibutuhkan usaha yang konsisten, pantang menyerah, hingga totalitas.

Lalu sebenarnya, apa itu sukses? Dan, mengapa banyak yang ingin mencapainya?

Definisi sukses bagi tiap orang berbeda-beda, tergantung penafsiran dan tolak ukurnya masing-masing.  Sukses adalah ketika kita mencapai keberhasilan dalam hal apapun.

Menurut KBBI, sukses adalah berhasil dan beruntung. Selain itu, di KBBI juga menyebutkan bahwa sukses adalah ketika orang lain ingin mencapai dan mempelajari kondisi tersebut.

Artinya, kesuksesan merupakan suatu keberhasilan yang banyak ingin dicapai oleh orang lain.

Definisi Sukses Menurut Tokoh-Tokoh Hebat Dunia

Banyak definisi sukses yang bisa kamu jadikan acuan, salah satunya dari tokoh-tokoh hebat dunia.  Ada beberapa tokoh dunia yang memberikan definisi dan kata-kata motivasi sukses, yaitu sebagai berikut:

  1. Elon Musk

Elon musk merupakan miliarder yang memiliki inovasi luar biasa di dalam bisnisnya. Elon Musk memiliki definisi sukses, yaitu inovasi adalah hal yang penting ketika memulai bisnis. Untuk mencapai kesuksesan, tentu diperlukan usaha dan tekad yang totalitas.

Tekad dan usaha yang disertai dengan prinsip pantang menyerah merupakan kunci meraih mimpi.

Kata Elon Musk, untuk menjawab pertanyaan cara menjadi orang sukses itu harus disertai dengan rasa berani mengambil risiko dan ide yang inovatif.

2. Winston Churchill

Winston Churchill merupakan salah satu politikus legendaris di dunia. Capaian tersebut tidak lepas dari kesuksesannya di bidang politik. Karir politik yang cemerlang membawanya meraih kedudukan tinggi di Inggris, yaitu sebagai Perdana Menteri.

Churchill memaknai definisi sukses sebagai antusiasme, yaitu antara kegagalan dan kesuksesan memiliki hubungan keterikatan. Jangan sampai kehilangan antusiasme, karena sukses datang dari kegagalan demi kegagalan

  1. Nadiem Makarim

Menteri Pendidikan ini memiliki kisah inspiratif tentang kesuksesan yang dapat kita pelajari dan ikuti jejaknya. Nadiem memulai karirnya sebagai karyawan di perusahaan konsultan, lalu berkecimpung menjadi pengusaha.

Nama Nadiem Makarim semakin dikenal sejak start-up buatannya, yaitu Gojek mulai banyak digunakan masyarakat. Salah satu kata-kata motivasi sukses dari Nadiem adalah tentang lingkungan yang memengaruhi kesuksesan seseorang, yaitu “dikelilingi banyak orang dengan perbedaan pandangan sangatlah bermanfaat”.

Kriteria Orang Sukses dan Gagal

Siapa yang tidak bangga jika dirinya meraih kesuksesan, apalagi di usia muda. Biasanya, kesuksesan tersebut akan dijadikan role model untuk ditiru orang lain.

cara sukses salah satunya adalah melakukan kebiasaan dan kegiatan positif. Perlu kamu ketahui, bahwa ada kebiasaan yang menjadi ciri orang sukses dan tidak dimiliki oleh orang gagal.

Apa saja perbedaannya?

  1. Orang sukses

Kebiasaan orang sukses adalah senang bergaul dan banyak teman. Tanpa disadari, banyak yang ingin belajar padanya sehingga pertemanan orang sukses itu luas.

Selain itu, orang sukses tidak pernah mudah puas dan selalu haus akan pencapaian. Kesuksesan yang dicapai pasti telah melewati tantangan, hambatan, dan proses lama sehingga membentuk pola pikir serta karakter pada dirinya.

Lantas, apa saja ciri orang sukses?

  • Kreatif
  • Inovatif
  • Masalah tidak dijadikan hambatan, melainkan peluang
  • Optimis
  • Pekerja keras
  • Cerdas emosional
  • Cerdas intelektual
  • Dikenal banyak relasi

2. Orang gagal

Ciri orang gagal adalah tidak mampu beradaptasi, menolak perubahan, dan cenderung mempertahankan status quo.

Seringkali mereka tidak mau mengevaluasi diri, hanya menyalahkan keadaan. Orang gagal menjadikan kegagalan tidak untuk pelajaran hidup, melainkan suatu hal kesialan.

Berikut ciri-ciri lain dari orang gagal:

  • Berpikir negatif
  • Bertindak semaunya
  • Kerap menyalahkan orang lain
  • Enggan mengakui kesalahan
  • Keras kepala
  • Tidak menerima masukan orang lain

Kunci Kesuksesan

Jalan yang dilalui dalam mencapai kesuksesan memang tidak mudah. Banyak orang yang menginginkan cara menjadi orang sukses, tetapi tidak tahu kunci utamanya.

Lantas, apa saja kunci sukses? Berikut ini penjelasannya

1.Niat dan Tekad Kuat

Dalam usaha mencapai kesuksesan, diperlukan niat dan tekad yang kuat.

Untuk menghadapi berbagai rintangan, niat dan tekad yang kuat tentu akan membuatmu pantang menyerah, meskipun harus berhadapan dengan rintangan atau bahkan kegagalan.

2.Passion

Untuk mendapatkan hasil yang optimal, kamu harus mempunyai hasrat atau passion.  Salah satu kunci sukses adalah memiliki passion, yaitu untuk mencapai kesuksesan agar kamu tidak mudah menyerah pada keadaan.

Passion mampu memotivasi kita untuk lebih mengejar impian, walaupun banyak rintangan.

Sukses adalah ketika kita mampu memanfaatkan peluang passion dengan baik dan strategis.

3.Keterampilan

Tekad kuat dibangun atas landasan keterampilan yang mumpuni pula.

Ujian dan kegagalan pasti akan semakin membentuk keterampilan menjadi lebih baik. Keterampilan perlu dikembangkan dan jangan mudah puas, karena persaingan sekarang semakin ketat.

4.Disiplin

Salah satu kunci sukses adalah disiplin, karena dapat membentuk karakter seseorang menjadi bertanggung jawab terhadap aturan, waktu, dan pekerjaan. Apabila terbiasa disiplin, maka bukan tidak mungkin kamu akan meraih kesuksesan.

5.Gigih

Jadikan kegagalan sebagai cambuk penyemangat untuk mengejar keberhasilan.

Sikap gigih orang sukses adalah ketika dirinya tahan banting, pantang menyerah, konsisten, dan ulet. Pertahankan sikap gigih, karena tidak ada kesuksesan yang diraih dengan cara instan.

Cara Menjadi Orang Sukses

Setelah mengetahui definisi hingga ciri-cirinya, maka kini timbul pertanyaan bagaimana cara menjadi orang sukses?

1.Komitmen

Untuk memperoleh kesuksesan, kamu perlu berkomitmen dalam berusaha serta menerapkan ciri-ciri orang sukses, seperti yang telah dijelaskan di atas.

Ketika kamu berkomitmen, maka secara tidak langsung akan terbentuk sikap disiplin untuk meraih target tujuan.

Buatlah daftar goals yang ingin dicapai, terapkan nilai komitmen pada dirimu. Fokus terhadap tujuan dan pastikan kamu memiliki impian yang realistis untuk dicapai.

2.Selalu Belajar dari Pengalaman

Dalam usaha mencapai predikat sebagai orang sukses, seringkali tidak sesuai dengan harapan.

Banyak rintangan, hambatan, bahkan kegagalan yang menimpamu. Namun, jangan sepelekan atau menganggap bahwa kegagalan tersebut adalah kesialan yang patut dibuang. Jadikan kegagalan tersebut sebagai pelajaran dan pengalaman untuk mengawali langkah selanjutnya.

Selain itu, pengalaman orang lain pun juga dapat menjadi pelajaran bagi kamu untuk proses berikutnya.

3.Nikmati Prosesnya

Sukses adalah ketika kamu mencapai keberhasilan, nah usaha untuk meraihnya tentu memerlukan proses yang panjang.

Proses yang panjang tersebut perlu untuk dinikmati, bukan malah mengeluh.Dengan menikmati proses, maka kamu akan terbiasa dengan rintangan dan hambatan yang datang.

Selain itu, kamu juga bisa lebih bersyukur ketika menikmati proses panjang demi meraih kesuksesan.

4.Menjadi Diri Sendiri

Menjadi orang sukses adalah impian bagi setiap orang.

Ada begitu banyak cara menjadi orang sukses yang dapat kamu lakukan. Namun, semua itu sia-sia jika kamu tidak menjadi diri sendiri.

Artinya, apabila gagal, maka kamu perlu jujur dengan diri sendiri tentang alasan berhenti meraih tujuan tersebut.

Semua yang dipaksakan itu tidak baik, alangkah bijak apabila menerimanya dengan ikhlas dan jadikan sebagai pengalaman.

  1. Selalu Berpikir Positif

Berpikir positif adalah pola pikir yang memandang sesuatu dengan sisi baik.

Termasuk mempercayai kemampuan diri sendiri, karena penting untuk menyingkirkan pikiran negatif agar kamu dapat lebih percaya diri dan termotivasi.

6.Memperluas Relasi

Memperluas relasi merupakan salah satu cara efektif dalam mencapai kesuksesan.

Memperluas lingkup pertemanan dan pergaulan yang positif tentu akan memberikanmu banyak manfaat, seperti mendapatkan ilmu, pengalaman, dan sharing tentang proses menuju sukses.

  1. Evaluasi

Mengevaluasi diri merupakan cara untuk melihat dan menilai kemampuan saat ini.

Evaluasi diri juga dapat menjadi momen untuk memperbaiki kelemahan yang ada di dirimu.

Dengan evaluasi, kamu akan belajar lebih banyak tentang kelebihan, kekurangan, dan keterampilan dirimu.

8.Terbuka untuk Perubahan

Kunci sukses yang terakhir adalah menerima dan terbuka pada perubahan.

Seringkali, masih banyak yang main aman, mempertahankan status quo, hingga terjebak di zona nyaman.

Untuk itu, perubahan penting agar kita dapat keluar dari zona nyaman.  Itulah penjelasan tentang definisi sukses beserta cara-caranya.

Arti sukses sebenarnya bervariasi dan tidak sama antara satu orang dengan yang lain.Intinya, sukses adalah pencapaian keberhasilan dalam hal apapun.

Semoga penjelasan ini dapat membangkitkan semangat kamu untuk menjadi orang sukses di kemudian hari. Aamiin (Mega)