Silaturrahim Presiden Universitas Darunnajah dengan IKPDN Madinah dan IKPM Madinah

0
25

Al-Madinah Al-Munawwarah, 18 Rabiul Awwal 1444 H/13 Oktober 2022 M, bertempat di Rumah Makan Romansia, berlangsung silaturrahim antara Pimpinan Pondok Pesantren Darunnajah Jakarta sekaligus Presiden Universitas Darunnajah, Ust. Dr. K.H. Sofwan Manaf, M.Si. dengan IKPDN (Ikatan Keluarga Pesantren Darunnajah) cabang Madinah dan IKPM (Ikatan Keluarga Pondok Modern Darussalam Gontor) cabang Madinah.

Dr. Sofwan Manaf memberikan nasehat kepada alumni Pondok Pesantren Darunnajah dan Pondok Modern Darussalam Gontor, hendaknya kita bersyukur telah melewati masa-masa sulit Pandemi Covid-19, diantara masyayikh dan guru-guru kita berpulang ke rahmatullah di masa tersebut, semoga Allah Subhaanahu wa Ta’ala mengampuni dosa-dosanya dan memberikan tempat yang terbaik di sisi-Nya

Dr. Sofwan Manaf juga mengajak kita bersyukur bahwa saat ini ibadah kita semakin mudah, yang sebelumnya harus menggunakan aplikasi dan harus booking, saat ini sudah tidak terlalu ketat untuk masuk ke Masjidil Haram ke Masjid Nabawi.

Dr. Sofwan Manaf menyampaikan perkembangan Pesantren di Indonesia, Alhamdulillah terdapat sekitar 400 Pesantren yang dipimpin atau didirikan oleh alumni Gontor, sekitar 70 Pesantren yang dipimpin dan didirikan oleh alumni Darunnajah, dan hampir setiap bulannya ada pesantren baru yang didirikan, suatu hal yang patut kita syukuri. Setelah keluar Undang-Undang Pesantren, ada tingkatan pendidikan yang dinamakan SPM (Satuan Pendidikan Muadalah) tingkat Wustha dan Ulya, setingkat dengan SMP/MTs dan SMA/MA.

Dr. Sofwan Manaf juga memberikan nasehat agar seluruh mahasiswa yang studi di luar negeri untuk tidak berlama-lama, setelah selesai S1, pulang ke Indonesia, atau lanjut S2 dan S3 kemudian pulang ke Indonesia, dan sudah memiliki passion sebelum usia 30 tahun, mungkin diantara yang hadir ada yang ingin terjun di bidang pendidikan, ada yang ingin di bidang bisnis, ada yang ingin di bidang politik, yang mana semuanya memiliki maslahat untuk umat dan bangsa

Dr. Sofwan Manaf juga menyampaikan kerjasama antara Darunnajah dengan Universitas Islam Madinah berupa Dauroh Bahasa Arab selama sebulan, yang insyaallah akan diselenggarakan pada bulan Desember 2022. Dauroh ini akan menjadi Dauroh yang ke-4, setelah diselenggarakan selama 3 kali sebelum pandemi covid-19.

Diantara yang hadir pada pertemuan ini adalah Ust. Dayu Hidayatullah (Alumni Gontor tahun 2004, Mahasiswa Doktoral jurusan Pengajaran Bahasa Arab untuk Penutur Asing UIM), Ust. Amin Mujahid (Alumni Gontor tahun 2009, Mahasiswa Doktoral jurusan al-Qadha/Peradilan UIM), Ust. Arafaddin Hamas Khosyatullah bin K.H. Hasan Abdullah Sahal (Alumni Gontor tahun 2015, Mahasiswa Magister jurusan Dakwah dan Kebudayaan Islam UIM), Ust. Muhammad Ayman bin K.H. Muhammad Nasir Zein (Alumni Gontor tahun 2013, Mahasiswa Magister jurusan Tafsir UIM), Ust. Muhammad Arif Muhajir (Alumni Gontor tahun 2013, Mahasiswa jurusan al-Adyan UIM), Ust. Nur Muhammad Iskandar (Alumni Daar Al Rahman tahun 2010, Mahasiswa Magister jurusan Fikih Sunnah UIM)

Juga hadir Ust. Ahmad Eriza Aminanto (Alumni Darunnajah Jakarta tahun 2015, Mahasiswa S1 Syari’ah UIM), Ust. Fandi Achmad (Alumni Darunnajah Jakarta tahun 2014, Mahasiswa S1 Syari’ah UIM), Ust. Opang Maulana (Alumni Darunnajah 2 Cipining tahun 2016, Mahasiswa S1 Syari’ah UIM), Ust. Muhammad Fajar Dzikriansyah (Alumni Darunnajah 2 Cipining tahun 2016, Mahasiswa S1 Syari’ah UIM), Ust. Muhammad Mu’adz (Alumni Darunnajah 2 Cipining tahun 2018, Mahasiswa S1 al-Qur’an UIM), Ust. Haikal Ramadhan (Alumni Darunnajah 2 Cipining tahun 2017, Mahasiswa S1 Hadits UIM), Nur Salam (Alumni Darunnajah Jakarta tahun 2015, Mahasiswa Institut Pengajaran Bahasa Arab untuk Penutur Asing UIM)

(Imam Khoirul Annas)