Kolaborasi Dosen & Mahasiswa PPL Dalam Seminar Minat & Bakat

0
79

KOLABORASI DOSEN DAN MAHASISWA PPL DALAM SEMINAR MINAT DAN BAKAT UNTUK KELAS XII SMK ISLAM AL-HIKMAH PETUKANGAN SELATAN

Pada hari Rabu (1/11/2023), Dosen dan MahasiswakKelompok 7 Praktek Pengalaman Lapangan (PPL) Universitas Darunnajah menyelenggarakan Seminar untuk Siswa/i XII SMK Islam Al-hikmah Petukangan Selatan dengan tema “Mengenal Minat dan Bakat: Bimbingan Psikologi dan Komunikasi”.

Seminar ini bertujuan untuk mengembangkan minat dan bakat siswa/i agar lebih mengetahui apa yang akan dituju setelah lulus, tertata dan terarah di masa yang akan datang. Seminar diikuti oleh Wakil Kepala Sekolah, guru pamong, wali kelas XII, ketua BKK, dan beberapa guru dan tenaga pendidik, serta seluruh siswa/I XII SMK Islam Al-hikmah Petukangan Selatan.

Seminar ini terdapat 2 pemateri dari Dosen Pembimbing PPL yaitu Usth Duna Izfana, M.Ed., Ph.D sebagai pemateri pertama dan Usth Farah Diba, M.Ikom sebagai pemateri kedua. Dalam dalam paparannya, ust Duna Izfanna menjelaskan tentang minat dan bakat. Minat berkaitan erat dengan motivasi terhadap suatu hal.

Semakin kuat suatu kebutuhan, semakin kuat dan bertahan minat yang menyertainya. Maka dari itu, terkadang minat juga memiliki keterkaitan dengan cita-cita seseorang. Misalnya seseorang yang minat terhadap ilmu wirausaha cenderung memiliki cita-cita menjadi pengusaha. Jika minat adalah sebuah kecenderungan menyukai suatu hal, maka berbeda dengan bakat yang merupakan “bawaan sejak lahir”. Sedangkan bakat adalah kemampuan bawaan yang berpotensi untuk dikembangkan atau dilatih. Sejak lahir individu memiliki keterkaitan antara kemampuan dengan struktur otaknya. Sehingga dengan berkembangnya individu maka bakat pun akan terus berkembang.

Pemateri kedua, usth Farah Diba menjelaskan tentang tingkatan komunikasi,  analisa minat dan bakat berdasarkan tipe komunikasi, serta cara penyampaiannya. Komunikasi pada tingkatan individu melibatkan komunikasi intrapersonal (diri sendiri), interpersonal (antara dua individu), dan juga dalam lingkungan sosial yang lebih luas seperti kelompok atau masyarakat. Intrapersonal terjadi saat seseorang berkomunikasi dengan pikiran dan perasaannya sendiri, sedangkan interpersonal melibatkan interaksi langsung antara dua individu atau lebih.

Seminar ini juga sebagai program terakhir dari rangkaian kegiatan PPL kelompok 7 di SMK Islam Al-hikmah Petukangan Selatan. PPL merupakan salah satu komponen penting dalam kurikulum pendidikan di Universitas Darunnajah di mana mahasiswa menjalani pengalaman lapangan di berbagai tempat sebagai bagian dari persiapan mereka di masa depan. Program ini berlangsung selama bulan Oktober 2023. Seluruh mahasiswa/I semeseter 5 Fakultas Agama Islam Universitas Darunnajah Program Studi Hukum keluarga Islam (HKI), Manajemen Pendidikan Islam (MPI), dan Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD) melaksanan PPL secara berkelompok di lembaga mitra.