Wakil Rektor III Hadiri Milad MUI Ke-48 – Universitas Darunnajah

0
54

Majelis Ulama Indonesia ( MUI ) akan merayakan milad ke-48 pada 26 Juli 2023. MUI bakal melakukan Deklarasi Kebangsaan (al-mitsaq al-wathani) secara bersama-sama pada puncak perayaan milad.

Acara ini dihadiri oleh Wakil Presiden RI Bapak Ma’ruf Amin dan petinggi dari majelis ulama indonesia, tokoh-tokoh di indonesia, dan tamu undangan luar negri di gedung sasana kriya (TMII).

 

Wakil Rektor III  Ust. Dr. Muhammad Irfanudin Kurniawan beserta staff kerjasama menghadiri dalam kesempatan tersebut.

Deklarasi itu sebagai bentuk komitmen MUI dalam menjaga persatuan, memperkokoh kerukunan, dan memelihara keberagaman bangsa sebagai dasar pijakan dalam bernegara.

“Keragaman bagi Majelis Ulama Indonesia suatu yang niscaya. Karena keragaman kita menghargai entitas dan identitas masing-masing,” kata Ketua MUI Bidang Dakwah dan Ukhuwah KH M Cholil Nafis dalam keterangannya, dikutip, Jumat (21/7/2023).

Kiai Cholil menyampaikan, sikap memelihara keragaman (Bhinneka Tunggal Ika) adalah bagian dari ajaran Islam. Menurutnya, nilai Pancasila sangat dekat dengan Piagam Madinah, di mana persatuan dalam keragaman dapat dibina.

MUI, kata Kiai Cholil Nafis, telah memutuskan Pancasila sebagai dasar negara yang final. Dalam hal ini MUI juga mengupayakan terpeliharanya kerukunan umat secara kelembagaan melalui sejumlah kegiatan. Hal itu dapat dilihat dengan terbentuknya komisi khusus di bidang kerukunan antar umat beragama, komisi di bidang ukhuwah, dan sejumlah kegiatan literasi dan sosialisasi kerukunan.