Visiting Lecture Dosen PIAUD Institut Ilmu Al-Qur’an (IIQ), di Universitas Darunnajah

0
58

Jakarta (31/06) Universitas Darunnajah

Kedatangan Visiting Lecture Dosen PIAUD Institut Ilmu Al-Qur’an. Mata kuliah Manajemen PIAUD “Ustadzah Siti,. M.Pd”., kegiatan ini dihadiri oleh Mahasiswi Siswi Semester Dua dan Empat PIAUD Universitas Darunnajah.

Kegiatan ini berlangsung di siang hari bertempat di Gedung Syanggit Lantai 4. Dalam Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) di awali dengan perkenalan Visiting Lecture Dosen PIAUD Institut Ilmu Al-Qur’an dengan Mahasiswi Semester Dua dan Empat.

“Apa itu manajeme?” Manajemen peserta didik merupakan upaya merencanakan, mengatur dan mengorganisasi peserta didik sesuai dengan acuan kurikulum yang dijadikan pedoman, termasuk didalamnya adalah aturan dalam bentuk SOP (Standard Operating Procedure) yang ditetapkan oleh Lembaga PAUD dalam hal mengelola peserta didik (anak usia dini) dari mulai pendaftaran, penerimaan murid baru sampai pada pengelolaan anak ketika akan menyelesaikan kegiatan pendidikan dari satuan Lembaga PAUD.

Ada Lembaga PAUD yang sudah begitu rinci mengelola peserta didik tersebut dalam bentuk SOP penerimaan murid baru (SOP PMB), SOP asesmen awal peserta didik, SOP pengelompokan dan penempatan anak usia dini, SOP pengelolaan anak dalam kegiatan pembelajaran dan SOP kegiatan ekstrakurikuler.

Ruang lingkup manajemen peserta didik adalah analisis kebutuhan peserta didik, rekruitmen peserta didik, seleksi peserta didik, orientasi, penempatan peserta didik, pembinaan dan pengembangan peserta didik, pencatatan dan pelaporan serta kelulusan dan alumni., terang Ustadz Siti Istiqomah, M. Pd ketika penyampaian materi.

 

Penyampaian materi disampaikan dengan sangat lugas oleh Ustadzah Siti Istiqomah, M.Pd., sehingga antusiasme para mahasiswi dapat dilihat dari terciptanya diskusi dua arah. Karena di akhir Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) para mahasiswi diberikan kesempatan untuk berdiskusi, mempresentasikan, serta bertanya kepada pemateri.

Setelah itu acara siang ini ditutup dengan pemberian kenang-kenangan berupa cendera mata dan sertifikat kepada Ustadzah Siti Istiqomah,. M.Pd., dan sesi foto bersama dengan Mahasiswi Universitas Darunnajah.