Seminar Edupreneurship: Manajemen Keuangan dan Investasi

0
31

Jakarta – Univeritas Darunnajah mengadakan Seminar Edupreneurship dengan tema “Uang Bekerja Untuk Kita, Bukan Kita Bekerja Untuk Uang” yang dilaksanakan pada hari Rabu, 03 Januari 2024 yang bertempat di Aula Ibnu Rusyd- Universitas Darunnajah.

Seminar yang dipanitiai oleh mahasiswa/i semester 5 dan 7 ini mengundang pemateri yang sangat kompeten dibidangnya yaitu: Amy Roslia M.M selaku Bussiness Development Panin Asset Management dan Zaenal Abidin, S.E, M.E selaku Deputy Islamic Solution Ecosystem Regional X Makassar. Acara Seminar Edupreneurship ini berhasil mengundang audiens lebih dari 140 orang, baik dari siswa-siswi SMA, mahasiswa, guru dan juga dosen turut memeriahkan acara ini.

Materi yang pertama, dibawakan oleh Amy Roslia, M.M dengan judul Perencanaan Keuangan dan Investasi. Dalam materi yang disampaikannya, ia menjelaskan secara mendetail terkait jenis-jenis investasi baik dari pasar modal sampai pembahasan terkait reksadana, serta membagikan tips dalam mengelola keuangan yang baik dan efektif khususnya bagi yang masih minim pengetahuan terkait investasi. “Mengapa kita harus berinvestasi? Salah satu alasan utama untuk berinvestasi adalah menambah passive income, yaitu penghasilan yang tidak kamu dapatkan secara langsung. Artinya kamu masih bisa mendapatkan penghasilan walaupun kamu sedang tidak aktif bekerja. ” Ucap Amy.

Selanjutnya, materi kedua disampaikan oleh Bapak Zaenal Abidin, S.E, M.E. dengan judul Perencanaan Keuangan. Sebagai pembuka materi kedua beliau bertanya kepada para audiens. ” Mana yang lebih penting, menghasilkan uang atau memanajemen uang? Keduanya penting, kita tidak dapat memenuhi kebutuhan tanpa adanya uang. Namun, uang yang dikelola dengan semena-mena justru memberikan kerugian yang lebih besar,” ucapnya.

Kemudian beliau menjelaskan bahwa, perencanaan keuangan bukan hanya sekedar metode mengelola finansial, lebih dari itu. Perencanaan keuangan dapat menjadi gaya hidup positif yang mengubah arah dan arti hidup seseorang terhadap keuangannya.

 

Penulis: Puput Wulandari
Editor: Rizal

Untuk Informasi lebih lanjut, silakan menghubungi kontak di bawah ini.
Publikasi dan Dokumentasi – Rizal (0857-2999-4723)