Rapat Dosen Persiapan Perkuliahan Semester Pendek 2022/2023 Universitas Darunnajah

0
102

Jakarta, 26 Juni 2023 – Universitas Darunnajah menggelar rapat dosen dalam rangka persiapan perkuliahan semester pendek tahun akademik 2022/2023. Rapat yang diadakan secara daring via google meet ini dihadiri oleh para dosen dari berbagai fakultas untuk mendiskusikan berbagai aspek penting dalam perencanaan dan pelaksanaan semester pendek yang akan datang.

Dalam rapat tersebut, Dr. Muhammad Irfanudin Kurniawan, M.Ag., Wakil Rektor 1, Bidang Akademik, hadir sebagai pemateri utama. Dalam paparannya, Dr. Muhammad Irfanudin Kurniawan memaparkan visi dan arah strategis Universitas Darunnajah dalam menjalankan semester pendek tahun akademik 2022/2023.

Beliau menekankan pentingnya meningkatkan kualitas pembelajaran dan pengajaran di universitas Darunnajah salah satunya dengan mengadakan semester pendek bagi mahasiswa yang akan memperbaiki nilai dan menabung mata kuliah.

Dr. Irfan menerangkan bahwa ada dua belas sebaran matakuliah yang ada di semester pendek nanti. Untuk pelaksanaan perkuliahan semester pendek sendiri akan dimulai 3 Juli sampai 24 Agustus 2023 nanti.

Sebagai Wakil Rektor 1, Bidang Akademik, Dr. Muhammad Irfanudin Kurniawan juga mengajak para dosen untuk berperan aktif dalam meningkatkan kualitas perkuliahan. Beliau mendorong para dosen untuk mengembangkan metode pengajaran inovatif, merancang kurikulum yang relevan dengan kebutuhan industri, serta memberikan perhatian yang lebih dalam pengembangan kompetensi mahasiswa di luar ruang kelas.

Salah satu mata kuliah yang dijadikan percontohan dalam arahnya adalah “Kedarunajahan” mata kuliah ini merupakan ciri khas universitas Darunnajah yang berbasis pesantren wakaf.

Menurut Dr. Irfan, sudah banyak buku kedarunajahan yang diterbitkan Darunnajah University press seperti Sejarah Darunnajah pusat dan Cabang, 25 Tahun Dewan Nazir, Biografi KH. Abdul Manaf, KH. Mahrus Amin, KH. Saifuddin Arief serta buku-buku SOP seperti pengasuhan, keTMIan, keuangan dan lain-lain.

Kedarunajahan ini penting sebagai penegas akar pendidikan universitas Darunnajah yang bermotokan “Rooted in tradition leading in education”.

Buku-buku tersebut harus menjadi rujukan untuk materi kedarunajahan dan harus menjadi bacaan semua civitas akademika universitas Darunnajah sehingga bisa memberikan wawasan dan persepsi utuh tentang universitas yang lahir dari pesantren ini, pungkas Dr. Irfan.

Rapat dosen ini juga menjadi kesempatan bagi para dosen untuk berbagi pengalaman dan best practice dalam menghadapi tantangan dalam pembelajaran jarak jauh yang masih berlanjut.

Mereka berdiskusi tentang strategi efektif dalam memfasilitasi interaksi antara dosen dan mahasiswa, serta bagaimana memastikan partisipasi aktif mahasiswa dalam pembelajaran daring.

Dosen-dosen Universitas Darunnajah merasa terinspirasi dan bersemangat setelah mengikuti rapat ini. Mereka merasa didukung dalam meningkatkan kualitas pembelajaran dan mempersiapkan diri untuk menghadapi tantangan yang mungkin terjadi di semester pendek mendatang.

Dengan pemateri yang kompeten dan antusiasme para dosen, Universitas Darunnajah berharap dapat memberikan pengalaman pembelajaran yang bermutu tinggi bagi mahasiswa dalam semester pendek tahun akademik 2022/2023.