Pengembangan Penulisan Karya Ilmiah dan Jurnal – Universitas Darunnajah

0
30

 

MENGIKUTI BIMTEK PENGEMBANGAN PENULISAN KARYA ILMIAH DAN JURNAL, DOSEN UNIVERSITAS DARUNNAJAH SIAP BERKARYA

Jakarta, Senin 26 Juni 2023 Dosen Universitas Darunnajah, Farah Diba M.Ikom mengikuti kegiatan Bimbingan Teknis Pengembangan Penulisan Karya Ilmiah Dosen. Kegiatan ini diselenggarakan oleh Kopertais 1 wilayah Jakarta dan Banten dengan pembicara Dr Abdul Basyir dari Kementerian Agama dan Prof Dr Iman Rusman dari Kemdikbud juga selaku editor in chief internationsal jurnal Q3 dan jurnal biologi sinta 1 di IPB (Institut Pertanian Bogor) .

Prof Dr Sururin M.Ag selaku wakil kopertais I wilayah Jakarta dan Banten membuka acara ini dan berharap kegiatan bimtek ini akan menjadi tahap berkelanjutan bagi klinik penelitian antar perguruan tinggi swasta, membuka berbagai kemungkinan kolaborasi dengan kopertais sebagai wadahnya. Tidak hanya dosen, tetapi emungkinan untuk membangkitkan mahasiswa juga untuk turut aktif dalam penelitian dengan menyajikan lomba dalam bidang penelitian maupun bidang lainnya.
Dr Abdul Basyir selaku pembicara pertama Kementerian Agama saat ini membuka peluang besar bagi para peneliti yang telah berkontribusi selama ini dalam Tridarma penelitian melalui Litapdimas dengan deadline 3 Juli pukul 00.00 dimana terdapat beberapa kluster penelitian spesial khusus hanya boleh pendaftar berasal dari PTKIS diantaranya pembinaan kapasitas (individu), penelitian prodi dan interdisipliner. Peluang khusus PTKIS ini semata-mata guna meningkatkan kapabiltas sumber daya dosen di bidang penelitian dan pengabdian masyarakat, membangkitkan semangat dosen PTKIS serta mengingatkan kembali tugas dosen sebenarnya dalam Tridarma khususnya dalam keilmuan yang terus berkembang yang dituangkan dalam penelitian.
Tidak hanya dari segi penelitian dan pengabdian kepada masyarakat, bagi para dosen yang mungkin selama ini tersendat dari segi pembiayaan untuk HKI dalam menerbitkan buku ajar, Litapdimas program terbuka lebar dalam memberikan penghargaan reward bagi draft buku ajar yang belum pernah dibuat HKI untuk diterbitkan semoga dapat bermanfaat dalam pengembangan keilmuan dalam bidang pendidikan dan pengajaran.

Adapun seluruh aktivitas pengajuan proposal utamanya pasca penelitian berfokus pada hasil pertanggungjawaban penelitian berlangsung dalam laporan dana BOPTN, sebagai berikut :

Selanjutnya Pembicara Kedua H.Iman Rusman memaparkan secara rinci mengenai rumah jurnal yang baik menuju berkualitas internasional. Berikut adalah parameter indeks scopus, targetkan kampus masuk index scopus, maka sinta akan secara langsung memberi peringkat sesuai dengan kualitas konten dari parameter tersebut baik sinta 1 maupun sinta 2 sesuai skor yang didapat. Selain itu, kolaborasi penulis minimal antar benua sudah bukan antar negara lagi. Selain itu, konsistensi penerbitan jurnal dalam setahun minimal 2x dalam kurun waktu 2 tahun berturut-turut dengan mempertimbangkan kualitas dari jurnal tersebut sendiri, maka dapat dilihat dari nilai konsistensi dan kualitas konten jurnal tersebut. Hal ini menandakan bahwa bukan hanya organisator rumah jurnal kampus yang memiliki peran disini, tetapi para dosen dan mahasiswa selaku peneliti mulai bekerjasama membuat penelitian ilmiah yang berkualitas dan minimal dimulai dngan penggunaan bahasa Internasional yaitu bahasa Inggris dimulai rutinkan, dalam satu kali terbit pun minimal terdapat 5 jurnal yang memang sudah teruji konten kualitasnya. Adapun subcontent dalam web dapat menyesuaikan web jurnal yang sudah mencapai peringkat internasional pada umumnya. Kualitas kejelasan keterangan pada homepage web sangat berarti pada penilaian peringkat rumah jurnal tersebut.

Adapun tahap- tahap peringkat yang harus dimulai bagi rumah jurnal pemula yang pertama adalah targetkan terindeks garuda, kemudian konsistenkan penerbitan jurnal setahun 2x, maka dari indeks garuda bisa dapat peringkat target sinta 4 kemudian target scopus agar bisa mendapat peringkat sinta 1 ataupun 2

Guna keefektifan dalam mengelola jurnal menuju kualitas baik bagus berperingkat nasional dan internasional , adapun struktur organisasi organisator rumah jurnal minimal seperti yang tercantum diatas beserta minimal syarat homepage yang harus ada berikut terlampir dibawah.