International joint seminar Universitas Darunnajah – PPIAUD – UPSI

0
351

Dosen Universitas Darunnajah Berpartisipasi dalam International Seminar Best Practice in Early Childhood Education di Universitas Pendidikan Sultan Idris, Malaysia

Pada hari Kamis (17/8/2023), Dosen PIAUD Universitas Darunnajah bersama Dosen Persatuan Pendidikan Islam Anak Usia Dini menyelenggarakan seminar internasional Bersama Dosen Universiti Pendidikan Sultan Idris (UPSI) Malaysia di ruang Seminar Za’ba Fakultas Pembangunan Manusia. Seminar diawali dengan sambutan yang dilakukan oleh Prof. Dr. Noordin Mamat selaku pengarah Center of Pedagogy and Research Inovation menyambut baik dan mengatakan bahwa jika melakukan kerjasama bukan hanya di atas kertas namun terimplementasi. Pesan yang sama disampaikan oleh Dr. Seah Siok Peh selaku ketua Pendidikan Awal kanak-kanak.

Setelah ramah tamah selanjutnya disambung dengan kegiatan Internasional Seminar. Dari Universiti Pendidikan Sultan Idris (UPSI) diwaliki oleh Prof. Noordin Mamat and Prof. Abdul Halim keduanya mengusung pentingnya inovasi pembelajaran pada anak usia dini untuk menstimulasi perkembangan anak usia dini. Pembelajaran dapat dilakukan dengan menerapkan active learning dan learning from social interaction serta media pembelajaran Didik Hibur 3 M yang dapat digunakan untuk menstimulasi membaca, menulis, dan berhitung.

Selanjutnya dari Universitas Darunnajah dibawakan oleh Dwi Puji Lestari, M.Pd dalam presentasi hasil penelitiannya yang berjudul Misconceptions of reading, writing, and counting at the ECCE Level menyebutkan bahwa pentingnya mengakhiri miskonsepsi yang terjadi di lembaga PAUD karena pertama, transisi PAUD ke SD harus berlangsung dengan menyenangkan, harmonis, dan berkesinambungan. Kedua, setiap anak memiliki hak untuk berkembang secara komprehensif bukan hanya aspek kognitif saja. Ketiga, pembangunan literasi dasar dan numerasi harus dilakukan dengan bertahap, dan keempat, kesiapan sekolah semestinya diupayakan sekolah dan orang tua. PAUD yang fokus pada baca tulis dan hitung (calistung) menyebabkan pembelajaran yang membosankan dan meniadakan pendidikan karakter.

Kegiatan seminar diakhiri dengan penandatangan Letter of Intent (LOI) antara UPSI dengan Perguruan Tinggi pada perkumpulan prodi PIAUD Jakarta Banten dan Jawa Barat. LOI merupakan gerbang awal untuk kerjasama antara UPSI dan Perguruan Tinggi dibawah perkumpulan prodi PIAUD Jawara termasuk Prodi PIAUD Universitas Darunnajah. Bulan Oktober Dr. Seah selaku ketua prodi Pendidikan Taman Kanak-Kanak akan melakukan kunjungan balasan ke Indonesia.