Copywriting – Jenis-jenis dan Manfaatnya

0
298

Perlu kita ketahui bahwa  di era globalisasi ini penuh dengan persaingan, terutama dalam hal bisnis. Kemajuan sebuah bisnis dapat didorong oleh teknik sebuah perusahaan, industri, maskapai dan hal yang berbau bisnis lainnya. Nah, salah satu caranya adalah menjual malalui tulisan. Dalam hal ini sangat dibutuhkan peran dari seorang copywriter.

Apa sih yang dinamakan dengan copywriting?

Dalam artikel ini kita akan membahas apa itu copywriting dan apa saja manfaatnya.

Dikutip dari Laman American Writes and Artist Institute (AWAI), copywriting adalah proses menulis materi pemasaran dan promosi persuasif yang mendorong dan memotivasi orang untuk mengambil beberapa bentuk tindakan, seperti melakuakan pembelian, mengklik tautan, menyumbang, ajakan, hingga mempengaruhi orang untuk menghubungi bagian penjualan. Materi ini mecakup promosi yang dipublikasikan melalui media sosial berupa iklan dan promosi lainnya.

Kita mungkin tidak menyadarinya, tetapi copywriting sebenarnya ada dimana – mana. Bahkan, jika kita baru memulai dengan melihat sebuah kotak surat, kita akan menemukan beberapa contoh copywriting.

Pada awalnya, copywriting digunakan hanya sebagai membuat artikel sejenis advertorial, sales letter, billboard, dan juga media pemasaran dalam bentuk tulisan lainnya. Namun, seiring berjalannya waktu, copywriting saat ini merupakan tindakan atau langkah utama dalam hal pemasaran.

Copywriting tidak hanya dituangkan melalui tulisan saja, namun juga dapat diterapkan diterapkan dalam membuat naskah video maupun podcast.

Kemampuan copywriting berperan dalam media marketing seperti teks pada landing page, artikel blog, post media sosial, headline dan meta description, iklan berbayar di media sosial, seperti google, youtube, dan lain-lain.

Jenis- jenis 

  1. Direct renponse, merupakan bentuk konten tulisan yang mengarahakan orang untuk mengklik halaman di sebuah website.
  2. Marekting, adalah bentuk konten yang menyampaikan informasi penjualan untuk meyakinkan konsumen berupa penjelasan fungsi dan manfaat produk.
  3. Brand marketing, adalah sejenis copywriting yang fokus dalam meyampaikan citra dan identitas dari suatu brand.
  4. SEO markting, adalah copywriting yang fokus untuk tampil dalam mesin pencari. Dimana seringkali calon konsumen harus membuka mesin pencari untuk mengetahuiinformasi sebelum membeli produk.
  5. Technical, adalah jenis copywriting yang lebih fokus dalam memberikan pengetahuan yang mendalam terkait cara kerja suatu produk ataupun layanan. Umumnya, jenis copywriting ini digunakan pada produk kecantikan, teknologi, ataupun produk kesehatan.
  6. Website, adalah tulisan yang tertera dihalaman website dan landing page suatu perusahaan.
  7. Product, adalah jenis copywriting yang memiliki fokus utama untuk mempromosikan produk. Tulisannya berupa deskripsi produk, halaman produk di website, dan lainnya.
  8. Advertising, adalah tulisan yang dibuat untuk mengiklankan produk dengan objektif tertentu, tergantung marketing funnel-nya.

Manfaat

  1. Mudah menggaet konsumen

Berbeda dengan iklan komersial biasa, copywriting bisa membuat konsumen tidak hanya sekedar ingin membeli tapi harus membeli produk atau menggunakan jasa yang dipromosikan. Pasalnya, teknik pemasaran satu ini kerap dilengkapi dengan Call To Action (CTA).

CTA sendiri gunanya untuk mengarahkan konsumen melakukan hal yang diinginkan. Contoh dari CTA ini adalah tombol bertuliskan ‘beli sekarang’ atau ‘cek sekarang’ yang biasa kita jumpai ketika berbelanja online.

  1. Meningkatkan reputasi

Seorang copywriter sudah pasti tahu cara menyampaikan pesan dari perusahaan kepada konsumen dengan sangat baik dan jelas. Keahlian ini penting dimiliki seorang copywriter guna meningkatkan reputasi perusahaan.

Ketika konsumen percaya pada produk atau jasa yang ditawarkan, artinya copywriting yang dibuat berhasil mengesankan konsumen.

  1. Meningkatkan penjualan

Reputasi perusahaan yang baik akan berdampak pada kepercayaan konsumen. Rata -rata konsumen membeli sebuah produk atau menggunakan suatu jasa yang sudah laku keras di pasaran.

Untuk menghasilkan copywriting yang bagus dan menarik harus megacu pada prinsip AIDA, yakni:

  • Attention ( perhatian): harus bisa menarik perhatian konsumen atau audiens.
  • Interest (minat): bisa membuat konsumen penasaran dan tertarik.
  • Desire ( keinginan): memengaruhi hasrat konsumen.
  • Action ( tindakan): dapat memicu tindakan atau respons dari konsumen.

Nah, itulah sedikit penjelasan tentang copywriting dan manfaatnya. Semoga artikel ini dapat menambah wawasan kita dalam dunia marketing di era globalisasi ini. Era dimana semua hal butuh pemasaran dan bujukan untuk menjual sebuah produk. (Audia)