Upaya Mengembangkan Kompetensi Remaja, Mahasiswa Universitas Darunnajah Menyelenggarakan Workshop Penggunaan Internet dan Sosial Media Dalam Segi Positif

0
160

Pada hari Senin (19/2/2023), Kelompok 2 KKN Universitas Daruunnajah menyelenggarakan workshop dengan tema “Penggunaan internet dan sosial media dalam segi positif” di Rptra RW 7 Ulujami, Pesanggrahan Jakarta Selatan. Worshop ini bertujuan untuk mengembangkan kompetensi remaja, khususnya di RW 7 ulujami sebagai salah satu kegiatan dalam program Kuliah Kerja Nyata (KKN).

Perkembangan teknologi informasi membawa sebuah perubahan yang sangat besar dikalangan masyarakat. Lahirnya media sosial menjadikan pola perilaku masyarakat mengalami pergeseran baik budaya, etika bahkan norma yang ada. Indonesia dengan jumlah penduduk yang besar serta beraneka ragam suku, budaya, ras dan agama membuat potensi perubahan sosial yang besar juga. Sebagian besar masyarakat Indonesia dari berbagai kalangan baik yang tua apalagi yang muda pasti memiliki sosial media sebagai salah satu sarana untuk memperoleh dan menyampaikan informasi ke public.

Sosial media menjadi sebuah kebutuhan dizaman sekarang, ketika sesoeorang mempunyai teknologi untuk mempermudah dalam mengerjakan sesuatu maka sosial media juga memiliki fungsi dan kegunaan yang sangat banyak tentunya tergantung penggunanya. Maka kita sebagai pengguna sosial media harus pintar dalam memilah mana yang baik dan mana yang buruk. Ada istilah yang mangatakan bahwa “media sosial mendekatkan yang jauh dan menjaukan yang dekat”

Dalam istilah tersebut mempunyai pesan tersirat yang dimana terkadang seseorang sedang berkumpul keluarga dan melakukan interaksi satu sama lain serta yang seharusnya bisa membicarakan bersama akan tetapi pada fokus kepada handphone masing-masing.

Melihat kesenjangan tersebut, mahasiswa KKN Universitas Darunnajah mengadakan workshop “penggunaan internet dan sosial media dalam segi positif” yang dilaksanakan aula RPTRA Nusantara Ulujami, dengan sasaran warga sekitar ulujami khususnya siswa-siswi kelas VII sampai XII.

Tujuan diadakannya program acara ini ialah agar para masyarakat khususnya para remaja dapat lebih bijak lagi dalam memilih tontonannya dan mngetahui dampak positif yang mereka dapatkan jika pintar dalam memanfaatkan sosial media.

Di dalam workshop tersebut, disampaikan materi mengenai apa yang dimaksud dengan media soaial, pengaruh media sosial baik yang positif ataupun negatif, cara cerdas menggunakan sosial media, kenapa kita harus bermedia sosial, mengenalkan orang-orang yang sukses dalam penggunaan media sosial serta bagaimana cara membuat konten agar bisa menyampaikan informasi, berbagi ilmu serta memberikan tips-tips penting di dalam kehidupan sehari-hari.

Workshop di aula RPTRA Nusantara Ulujami diakhiri dengan sesi tanya jawab, untuk membantu para siswa-siswi agar mereka lebih memahami materi yang telah disampaikan dan juga mengadakan lomba untuk pembuatan konten yang edukatif dan inspiratif. Pesan yang diberikan di akhir sesi “bijaklah dalam bermedia sosial”.

Nurwida (Mahasiswa MPI 6B Sore Kelompok 2 KKN 2023)

Official Account University of Darunnajah:
Penerimaan: www.darunnajah.ac.id/pmb
Whatsapp: 081222001443081240001302