UKM STAIDA sebagai Ajang Meningkatkan Bakat Mahasiswa

0
65

Jakarta, 23 Maret 2022
Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) merupakan tempat mahasiswa berkumpul menyatukan ide dan menyalurkan hobi, minat, kegiatan, dan kreativitas. UKM ada di setiap kampus dan mahasiswa sendiri yang menjadi pelopornya. UKM tidak jauh beda dengan organisasi ekstrakurikuler di sekolah-sekolah. Hanya saja, untuk tingkatan SMA ke bawah, biasanya yang menggerakkan adalah gurunya.

Di STAI Darunnajah Jakarta, UKM dipelopori dan digerakkan sendiri oleh mahasiswa. Ada DEMA yang turut aktif menghidupkan UKM dengan menunjuk penanggungjawab masing-masing UKM dan mengontrol kegiatannya. Bagian kemahasiswaan kampus juga turut mengontrol dan mengarahkan.

Ada enam UKM existing di STAI Darunnajah dan akan terus bertambah lagi jumlahnya. UKM-UKM tersebut adalah UKM Lingkar Pena, UKM Visual, UKM Mapala, UKM Seni Musik, UKM Silat, dan UKM LDK. Di bawah setiap unit ada bagian masing-masing. Contoh UKM musik, dibawahnya, ada band dan hadroh/rebana. Unit-unit kegiatan itu diprakarsai sendiri oleh para mahasiswa.

Melalui UKM, mahasiswa dapat menambah wawasan dan pengetahuan di luar kegiatan belajar di kelas. Mahasiswa  bisa mengisi waktu luang dengan mengikuti kegiatan UKM. Ketika mahasiswa dengan suka hati berkumpul, berlatih, dan meningkatkan diri, maka hasilnya pun tentunya akan lebih baik. Dengan adanya UKM-UKM di STAI Darunnajah, diharapkan para mahasiswa bisa meningkatkan softskill, bakat, dan kemampuan dalam bidang yang mereka sukai.