Ujian Al-Quran Semester 6 Universitas Darunnajah

0
33

Membumikan Hikmah Ayat Al-Qur’an melalui Ujian Serentak membaca Al-Quran untuk Semester 6

Darunnajah 9 Juni 2023, Pembukaan Ujian AL-Qur’an serentak untuk mahasiswa semester 6 menjadi awal kebaikan untuk Universitas. Ikhtibar Al-Quran menjadi ujian tahunan untuk mahasiswa akhir yaang akan menulis skripsi, pada momentum kali ini terdapat 90 mahasiswa semester 6 yang mengikuti ikhtibar Al-Qur’an. Ujian terbuka ini menjadi implimentasi dari perguruan tinggi berbasis pesantren yang mana menjadi pusat peradaban Islam di zaman modern sekarang.

Acara ini diawali dengan sambutan oleh Deputi Wakil Rektor bidang Akademik Al-Ustadz Dr. Muhammad Irfanudin Kurnawan, M.Ag beliau berpesan bahwa ini adalah langkah awal menuju kelulusan antum di perguruan tinggi ini, dan ikhtibar Al-Qur’an menjadi syarat dalam menempuh ujian skripsi nantinya, mengingat bahwa Universitas Darunnajah adalah perguruan tinggi berbasis pesantren yang mana nilai-nilai Islam di terapkan dilingkungan kampus.

Kemudian sambutan yang kedua disampaikan oleh Al-Ustadz Fajar Nur Syah Alam, S.Pd selaku Kepala Markaz Pengembangan Bahasa dan Peradaban Universitas Darunnajah, pada kesempatan ini beliau menjelaskan “ bahwa sibghah perguruan tinggi pesantren ada 3, yaitu tentang kepengasuhan, kedua kebahasaan (penguasaan bahasa Arab dan Inggris untuk mahasiswa), dan yang ketiga Islamisasi Ilmu Pengetahuan. Antum disini harus bisa mengaji dengan benar apapun prodinya, karena kalian akan dituntut untuk bisa membaca dan mengajari Al-Qur’an setelah lulus dari sini. ‘

Acara yang dimulai dari pukul 08.13- 09.20 berjalan dengan khidmat dan ditutup oleh Do’a. Kemudian para mahasiswa beranjak ke tempat ujiannya masing-masing.

Teguh Sultan
Mahasiswa Pesma