Tarhib Ramadhan 1445 H: Mengoptimalkan Potensi Generasi Z Dalam Beribadah Dan Beramal di Bulan Suci Ramadhan

0
48

Jakarta – Universitas Darunnajah dengan bangga menyelenggarakan acara Tarhib Ramadhan 1445 H yang berlangsung di Aula Ibnu Rusyd. Acara ini merupakan bagian dari rangkaian kegiatan yang diselenggarakan untuk menyambut bulan suci Ramadhan, bulan penuh berkah dan ampunan. Acara ini dilaksanakan pada hari Senin, 30 Sya’ban 1445 H / 11 Maret 2024 M.

Acara ini dihadiri oleh dosen dan tenaga kependidikan universitas, termasuk Wakil Rektor 2, Ust Samiyono, M.Pd., yang memberikan ceramah inspiratif sebagai pemateri. Hadir pula Biro Kemahasiswaan Ust Nesa Novrizal, S.Pd., dan Ust. Royyan Fakhrudin Rifai, S.E., M.M., yang memberikan sambutan hangat dan motivasi kepada para mahasiswa. Anggota DEMA dan mahasiswa aktif Universitas Darunnajah turut serta dalam acara ini, menunjukkan semangat kebersamaan dan kekeluargaan.

 

Acara dimulai dengan pembacaan tilawah Al-Quran yang merdu. Dilanjutkan dengan sambutan dari Ust Nesa Novrizal, yang mengingatkan semua yang hadir tentang pentingnya memanfaatkan bulan Ramadhan sebagai momentum untuk berlomba-lomba dalam berbuat kebaikan. Beliau menekankan bahwa di bulan yang mulia ini, pahala amal baik dilipatgandakan oleh Allah SWT, dan ini adalah kesempatan emas bagi setiap muslim untuk meningkatkan amal ibadahnya. Dalam sambutannya, Ust Nesa Novrizal juga mengajak para mahasiswa untuk aktif tidak hanya di dalam kelas, tetapi juga di luar kelas. Beliau berpendapat bahwa banyak pengalaman berharga yang dapat dipetik dari kegiatan-kegiatan di luar ruang akademis, yang akan membentuk karakter dan kompetensi mereka sebagai pemimpin masa depan.

Selanjutnya, Ust Samiyono, M.Pd. memberikan ceramah yang mendalam tentang pentingnya kebiasaan dalam menentukan nasib seseorang dan arti sederhana dari taqwa. Beliau menyampaikan bahwa Generasi Z, dengan pemahaman dan pengetahuan teknologi yang luar biasa, memiliki peluang besar untuk membentuk masa depan yang lebih baik. Namun, tantangan-tantangan modern seperti pengaruh teknologi, kesibukan, dan pemahaman spiritual yang dangkal, harus diatasi dengan bijaksana.

 

Ust Samiyono menekankan bahwa di bulan Ramadhan ini, Generasi Z harus mengambil langkah proaktif untuk mengatasi hambatan-hambatan tersebut dan mengoptimalkan potensi mereka dalam beribadah dan beramal. Beliau mengajak para hadirin untuk merefleksikan diri dan memperkuat komitmen mereka terhadap nilai-nilai spiritual, sehingga dapat mencapai kesuksesan tidak hanya di dunia, tetapi juga di akhirat.

Di bulan yang penuh berkah ini, kita diingatkan akan pentingnya mengoptimalkan setiap momen untuk mendekatkan diri kepada Sang Pencipta. Generasi Z, sebagai generasi muda yang penuh dengan potensi, dihadapkan pada tantangan yang unik dalam menjalankan ibadah dan amal di bulan suci Ramadhan.