Taktik Cemerlang Menuju Akreditasi Universitas Unggul

0
105

Jakarta, Rabu (20/9/2023) Universitas Darunnajah diwakili oleh Dekan Fakultas Agama Islam (FAI) Ibu Duna Izfanna, M,Ed., Ph.D dan Ibu Khodijah M.M. turut hadir dalam workshop “Strategi Perencanaan Pencapaian Akreditasi Unggul Perguruan Tinggi” yang di selenggarakan oleh LLDIKTI wilayah III Jakarta bertempat di Universitas Borobudur.

Peserta yang pada acara tersebut adalah Pimpinan perguruan Tinggi dan kepala Penjaminan Mutu di lingkungan LLDIKTI wilayah III Jakarta. Kegiatan ini berlangsung dari pukul 13.35 s.d. 16.40 WIB.

Kegiatan wokshop ini dibuka langsung oleh rektor Universitas Borobudur Prof. Ir. Bambang Bernanthos , M.Sc. dan dilanjutkan dengan panel pembicara yaitu; (1) Kepala LLDIKTI Wilayah III Prof. Dr. Toni Toharudin, S,Si., M.Sc. yang menyampaikan pentingnya Strategi Pencapaian Akreditasi Unggul Perguruan Tinggi, (2) Direktur Dewan Eksekutif BAN-PT Prof. Ari Purbayanto, Ph.D., mengenai trasnformasi standar Nasional dan Akreditasi Pendidikan Tinggi Berdasarkan Permendikbudristek RI Nomor 53 Tahun 2023, dan yang terakhir (3) Ketua LAMDIK Prof. Dr. Muchlas Samani, M.Pd. menyampaikan  Prespektif LAM terhadap Permendikbudristek RI nomor 53 Tahun 2023.

Salah satu catatan penting yang perlu diperhatikan seluruh perguruan tinggi bahwa instrument akreditasi 9 kriteria tetap dipakai sampai tanggal 16 Agustus 2025, sedangkan Permendikbudristek no 53/2023 ini akan berlaku secara efektif di tanggal 18 Agustus 2025. Berikut gambaran pelaksanaan akreditasi berdasarkan Permendikbudristek no 53/2023:

Universitas Darunnajah terus berkomitmen untuk mencapai akreditasi menuju status universitas unggul melalui serangkaian strategi yang kuat. Akreditasi adalah salah satu tonggak penting dalam meningkatkan reputasi dan kualitas pendidikan tinggi.

Langkah besar menuju akreditasi unggul oleh perguruan tinggi adalah salah satu perjuangan yang menuntut komitmen dan dedikasi yang luar biasa.

Di Jakarta, banyak perguruan tinggi berupaya keras untuk mencapai status akreditasi unggul, dengan dukungan dan bimbingan yang sangat berharga dari Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDIKTI) di wilayah III. Dalam upaya untuk memberikan pandangan yang mendalam tentang strategi pencapaian akreditasi unggul, LLDIKTI telah mengambil peran sentral dalam mengoordinasikan dan memberikan bimbingan bagi berbagai perguruan tinggi di wilayah mereka.

Melalui inisiatif ini, LLDIKTI Wilayah III telah memberikan landasan yang kokoh bagi perguruan tinggi untuk mengembangkan strategi pencapaian akreditasi unggul. Para pemimpin dan staf akademik di berbagai perguruan tinggi telah memberikan peran yang kritis dalam proses ini, dengan komitmen mereka untuk meningkatkan pendidikan tinggi di wilayah ini.

 

 

(khodijah)