Silaturahmi PMB Universitas Darunnajah Jakarta ke Pondok Pesantren Daarul Rahman Jakarta

0
130

Jakarta – Panitia PMB Universitas Darunnajah bersiraturahmi ke pondok pesantren Daarul Rahman Jakarta. Jum’at, 17 Februari 2023. Tim PMB yang diketuai ust. Matrul Ritonga, M.Pd., diterima oleh kepala sekolah MA. Daarul Rahman.

Dalam sambutannya KH. Qosim Susilo, M.Pd selaku kepala sekolah MA pesantren Daarul Rahman Jakarta menyampaikan beberapa hal. Pertama, bahwa kehadiran kami dari Darunnajah (Universitas Darunnajah) ini adalah mempererat tali silaturahmi kedua belah pihak. Kedua, bahwa santri-santriwati pesantren Daarul Rahman bebas melanjutkan studinya ke mana saja, sebab hal ini sudah didahului oleh kakak kelas mereka yang tersebar di beberapa perguruan tinggal baik di dalam maupun luar negri. Ketiga, beliau juga menyampaikan bahwa saat ini akses pendidikan tak terbatas dengan canggihnya media teknologi, maka sekedar menjadi alumni Daarul Rahman tidaklah cukup, harus terus belajar ke jenjang yang lebih tinggi. Keempat, beliau menyampaikan kepada Tim PMB Univeristas Darunnajah ahlan wa sahlan dan jangan sungkan bertamu ke Daarul Rahman.

Kemudian kegiatan silaturahmi dilanjutkan dengan penyampaian oleh Ustadz Matnur Ritonga. Setelah mengucap kalimatus tsana dan sholawatun nabi, beliau menyampaikan ayat berikut:

والله اخرجكم من بطون امهاتكم لا تعلمون شيئا، وجعل لكم السمع والابصار والافئدة، لعلكم تشكرون

Dari ayat di atas kita menyimpulkan bahwa manusia harus terus menimba ilmu dari lahir hingga wafat.

Hal ini menjadi kewajiban kita sebagai anak manusia; tholabul ilmi faridhotun ala kulli muslimin. Untuk menambah keakraban, Ustadz Ritonga menyampaikan bahwa Daarul Rahman, Darunnajah, Darul Qolam, Alamien Prenduan merupakan pondok pesantren Alumni Gontor yang sudah sejak lama ia dengar saat nyantri di Gontor, namun baru kali ini berkesempatan bersilaturahmi ke sini.

Sepengetahuan beliau juga bahwa semua pendiri pondok tersebut telah wafat, kecuali Daarul Rahman, maka beruntunglah anak-anak santri ini yang masih bisa menimba ilmu dari sang pendiri.

Terkait dengan Universitas Darunnajah, bahwa Universitas Darunnajah lahir dari sebuah cita-cita luhur Pendiri Darunnajah yaitu untuk menjadi pusat kajian dan pengembangan keilmuan khususnya tafaqquh fid dien akan tetapi tafqquh fid dien di sini dapat juga kita terjemahkan menjadi pusat kajian keilmuan yang terbarukan.

Maka Universitas Darunnajah lahir tidak hanya dengan Prodi² Keislaman, akan tetapi dilengkapi dengan Prodi² yang sangat diperlukan untuk kemajuan dan pengembangan berbagai aspek dalam kehidupan ummat Islam dan masyarakat secara global.

Di akhir penyampaian, Ustadz Ritonga menyampaikan bahwa sebenarnya banyak hal yang ingin disampaikan mengenai kabar gembira atas lahirnya Universitas Darunnajah akan tetapi sempitnya waktu dan sudah menjelang sholat ashar, berikut poin-poin penting yang disampaikan: Perkuliahan di Univeristas Darunnajah sangat fleksibel.

Biaya kuliah sangat terjangkau untuk semua Prodi termasuk prodi² di fakultas Bisnis dan Saintek yang mana Prodi² ini di kampus lain biayanya cukup tinggi, namun sebagai rasa syukur maka biaya di Universitas Darunnajah dibuat sangat terjangkau selama masa promosi. Di Universitas Darunnajah juga tersedia beragam beasiswa yang dapat diakses oleh mereka yang memenuhi syarat seperti beasiswa kader pesantren yang sudah terlaksana untuk angkatan perdana, beasiswa tahfizh beasiswa KIP, beasiswa prestasi.

Official Account University of Darunnajah:
Penerimaan: www.darunnajah.ac.id/pmb
Whatsapp: 081222001443081240001302