Silaturahmi dan Buka Puasa Bersama Domyadhu, Bintaro

0
29

Jakarta – Dalam rangka Bulan Ramadhan 1445 H, Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Komisariat Universitas Darunnajah mengadakan kegiatan buka puasa bersama santri Yayasan Dompet Yatim dan Dhuafa (Domyadhu) yang berlangsung pada hari Ahad Tanggal 14 Ramadhan 2024 bertepatan dengan 24 Maret 2024, di Domyadhu Bintaro.

Kegiatan ini mengusung tema “Ramadhan Penuh Berkah untuk Kita dan Mereka yang Membutuhkan”. Rangkaian kegiatan Semarak Ramadhan ini diawali dengan Berbagi Ta’jil kemudian Tausyiah dan SilaturaHmi serta Buka Puasa Bersama. Hal ini merupakan ajang Silaturahmi antar kader dan pengurus serta adik-adik santri Domyadhu Bintaro, juga untuk mempererat kepekaan sosial antara mahasiswa dan masyarakat sekitar.

Yunda Putri Shabilla Achmad selaku Ketua Umum HMI mengucapkan terima kasih kepada seluruh pihak yang telah berpatrisipasi baik dalam segi moril maupun materil atas terselenggarakannya buka bersama ini. Kemudian ucapan terima kasih juga tidak luput disampaikan kepada kader HMI Komisariat UDN, HMI Komisariat PTIQ IIQ, dan HMI Cabang Jakarta Selatan yang telah hadir dan turut memeriahkan acara ini. Selain itu, Putri juga mempunyai harapan agar kedepannya komisariat dapat terus bersinergi dengan Domyadhu. Semoga kegiatan ini berkah dapat menambah kebaikan.

Bapak Supriyanto Pengurus Domyadhu dalam sambutannya haturkan terimakasih juga kepada kakak-kakak mahasiswa yang sudah berkunjung ke Yayasan Domyadhu, harapannya semoga dimudahkan dan dilancarkan dalam segala urusan, semoga apa yang menjadi hajad diijabah oleh Allah dan dibalas dengan rezeki dan kebaikan yang berlipat ganda. Waiyyakum Bapak dan keluarga Asrama Asuh Bintaro.

Beliau juga menjelaskan Dalam satu hadits, Nabi bersabda:

أَنَا وَكَافِلُ الْيَتِيمِ فِي الْجَنَّةِ هَكَذَا، وَأَشَارَ بِالسَّبَّابَةِ وَالْوُسْطَى وَفَرَّجَ بَيْنَهُمَا شَيْئًا

Artinya, “Aku dan orang yang mengurus (menanggung) anak yatim (kedudukannya) di dalam surga seperti ini.” Beliau mengisyaratkan dengan (kedua jarinya yaitu) telunjuk dan jari tengah serta agak merenggangkan keduanya.” (HR. Imam Al-Bukhari).
Pengibaratan ‘seperti kedua jari yang berdampingan’ ini menunjukkan balasan mulia bagi orang yang mengurusi akan yatim, yaitu cepat masuk surga dan kedudukan tertinggi di dalamnya. Ibnu Batthal menjelaskan, bahwa berdasarkan hadits ini, orang yang mengurus anak yatim akan mendapatkan kedudukan tertinggi di akhirat, yaitu bersama Rasulullah saw. (lihat Fathul Bari, juz 13, hal 43).

Kemudian Tausyiah yang disampaikan oleh Ustadz Hafiz Farhan Habib menyampaikan pentingnya untuk kita dekat dengan Al-Qur’an, momentum Nuzulul Qur’an menjadikan kita hamba Allah yang senantiasa membaca dan mentadabburi Ak-Qur’an.
Dalam Surat Al Baqarah ayat 185, Al Quran diturunkan saat bulan Ramadhan sebagai petunjuk dan penuntun bagi umat Islam.

شَهْرُ رَمَضَانَ الَّذِيْٓ اُنْزِلَ فِيْهِ الْقُرْاٰنُ هُدًى لِّلنَّاسِ وَبَيِّنٰتٍ مِّنَ الْهُدٰى وَالْفُرْقَانِۚ فَمَنْ شَهِدَ مِنْكُمُ الشَّهْرَ فَلْيَصُمْهُ

Artinya: Ramadhan adalah (bulan) yang di dalamnya diturunkan Al Quran, sebagai petunjuk bagi manusia dan penjelasan-penjelasan mengenai petunjuk itu dan pembeda (antara yang benar dan yang batil). Maka barang siapa yang menyaksikan Bulan tersebut Maka Berpuasalah… (Q.S Al-Baqarah: 125).

Semoga kita menjadi sebaik-baiknya Ummat karena dekat dengan Al-Qur’an, dan senantiasa Beriman Berilmu dan Beramal, agar menjadi pribadi yg Muslim, Mu’min, dan Muhsin. Bersyukur dan Ikhlas serta Bertaqwa kepada Allah.