Persiapan Pelaksanaan MBKM, Prodi PIAUD Universitas Darunnajah Mereview Kurikulum

0
80

Pada Rabu, 08 Maret 2023 Prodi PIAUD Universitas Darunnajah mengadakan review kurikulum di ruang meeting rektorat. Kegiatan ini dihadiri Ketua prodi Piaud, Sekretaris prodi, dan Dosen PIAUD. Di awal review internal ini, Duna Izfanna, M. Ed., Ph.D selaku ketua prodi PIAUD menjelaskan pentingnya melakukan review kurikulum agar kurikulum prodi PIAUD selaras dengan Visi Misi Universitas dan dapat menyiapkan lulusan sesuai dengan CPL yaitu sebagai pendidik, peneliti, dan edupreneur dengan tepat.

Selain itu kurikulum Prodi juga harus selalu Up-to-date dengan perkembangan keilmuwan dan kebutuhan masyarakat terkait dengan Pendidikan Anak Usia Dini.

Beberapa hal yang dilakukan diantaranya pertama, membahas pentingnya mata kuliah dihadirkan. Kedua, beberapa mata kuliah yang memiliki scope yang sama digabungkan dalam satu mata kuliah. Ketiga, menambah mata kuliah baru. Tentu review kurikulum prodi PIAUD memperhatikan empat hal diantaranya kurikulum nasional, institusi, prodi, dan pendukung.

Kaprodi dan Dosen PIAUD review kurikulum MBKM

Upaya-upaya ini tidak mengurangi muatan-muatan kurikulum prodi PIAUD namun menjadikan kurikulum prodi sesuai dengan perkembangan zaman dan kebutuhan lulusan. Salah satu mata kuliah yang terbaru diantaranya adalah riset-riset dalam Pendidikan Anak Usia Dini (Research on Early Childhood Education) harapannya dengan adanya mata kuliah ini mahasiswa dapat mengetahui isu-isu penelitian pada Pendidikan Anak Usia Dini sehingga akan memudahkan dalam menyusun tugas akhir.

Diakhir review Ketua Prodi PIAUD mengatakan bahwa review ini belum selesai karena agenda berikutnya prodi PIAUD akan mengundang stakeholder dan praktisi PIAUD untuk hadir dalam review kurikulum prodi. Ini penting dilakukan agar kurikulum PIAUD mendapatkan masukan sesuai dengan kondisi di lapangan. (Dwi)