PPL Mahasiswa MPI 2016/2017

0
127

14152053_972224502923345_519385288_oProgram Pengalaman Lapangan (PPL) merupakan salah satu kegiatan yang wajib dilaksanakan oleh mahasiswa STAI Darunnajah semester VII untuk mencapai gelar sarjana pendidikan (MPI). Mencakup latihan mengajar secara terbimbing, terpadu, maupun tugas – tugas keguruan dan kependidikan lain untuk memenuhi persyaratan profesi kependidikan.

Program Pengalaman Lapangan (PPL) yang dilaksanakan mahasiswa di sekolah sebenarnya bukan kegiatan pengabdian pada sekolah yang bersangkutan, tapi PPL adalah kegiatan kependidikan untuk meningkatkan dan memperdalam keterampilan mahasiswa yang terkait dengan praktik mengajar dan praktik persekolahan. Dengan demikian kegiatan PPL harus lebih menekankan ketrampilan mahasiswa dalam bidang keguruan, baik itu kegiatan belajar mengajar maupun kegiatan manajemen sekolah lainnya.

14095975_1238046519573426_2278406694032553891_nDalam proses Program Pengalaman Lapangan (PPL) ini STAI Darunnajah bekerja sama dengan beberapa Sekolah/Madrasah Tsanawiyah di wilayah Jakarta Selatan, antaranya : SMP Darul Muttaqien Petukangan, MTS Al-Musyarofah Petukangan utara, MTs Manaarul Huda, MTs Assaadah Ulujami, SMP Islam Al- Abror Srengseng, MTs Darunnajah Ulujami

Dalam pelaksanaannya mahasiswa dibimbing oleh Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) dari STAI Darunnajah, Koordinator PPL dan Guru Pamong yang telah ditunjuk oleh Kepala Sekolah sesuai mata pelajaran masing-masing dan pengalaman mengajar. Sehingga diharapkan melalui Program Pengalaman Lapangan (PPL) ini mampu membentuk sepuluh kompetensi yang dipersyaratkan untuk menjadi guru yang professional.

Tujuan PPL bagi Mahasiswa

1.   Tujuan dari kegiatan PPL adalah sebagai berikut :

a.   Membentuk profesionalitas guru atau tenaga kependidikan, baik yang berkenaan dengan latihan mengajar di kelas, pengelolaan administrasi sekolah maupun dalam memecahkan persoalan sekolah.

b.   Memenuhi syarat target kurikulum

Untuk merealisasikan tujuan tersebut setiap aktivitas PPL harus mengacu pada terbentuknya tenaga kependidikan yang formal.

2.   Sasaran

Secara garis besar landasan dari kegiatan PPL adalah sepuluh kompetensi guru, namun dalam rangka pengembangan, maka orientasi kerja PPL diarahkan pada prinsip fungsional artinya peserta harus memenuhi target dalam pencapaian volume kerja seperti yang telah ditentukan oleh sekolah yang bersangkutan.

Dalam hal ini sasaran dimaksudkan sebagai program pengalaman lapangan pribadi calon pendidik yang memiliki seperangkat pengetahuan, keterampilan, nilai dan sikap serta pola tingkah laku yang diperlukan bagi profesi tenaga kependidikan serta mampu dan tepat menggunakannya dalam penyelenggaraan pendidikan dan pengajaran baik di sekolah maupun di luar sekolah.