Pesantren dengan Level Berkualitas – Universitas Darunnajah Jakarta

0
12
kualitas pesantren, level pesantren, pesantren berkualitas, perguruan tinggi berkualitas, universitas terbaik

Negara Indonesia dengan lembaga pendidikan mencapai 217.283 lebih dari 30.000 diantaranya merupakan pendidikan pesantren. Wajah pesantren sudah sangat dikenal oleh masyarakat luas dengan tipe yang berbeda-beda. Setiap pesantren memiliki ciri khas tersendiri yang tidak dapat disamakan dalam satu warna. Banyak pesantren yang tersebar di seluruh Indonesia dengan jenis, warna, dan level yang berbeda-beda.
Dr. K.H. Daniar menyampaikan beberapa level pesantren dalam Konferensi Internasional Pengasuh Pesantren se-Asia Tenggara dan Grand Launching Universitas Darunnajah, antara lain :
Pesantren Level 1.0
Dikelola dengan sangat bersahaja, semua mengalir begitu saja, tidak memiliki satuan pendidikan formal, tanpa organisasi dan administrasi
Pesantren Level 2.0
Memiliki system operasional dengan menggunakan satuan pendidikan tertentu dan tersetruktur.
Pesantren Level 3.0
Selain terstruktur dan tertib administrasi, pesantren memiliki lembaga penunjang lainnya.
Pesantren Level 4.0
Pesantren auto pilot (digital dan adaptif).
Dalam pembentukan pesantren tentunya harus dilandasi oleh sumber daya manusia yang baik dan berkualitas untuk meningkatkan mutu lembaga itu sendiri.

Keberadaan sumber daya manusia sangat menentukan keefektifan pencapaian tujuan pondok pesantren. Perlu adanya pengembangan sumber daya manusia untuk meningkatkan kualitas maupun kuantitasnya. Program-program yang dirancang harus mampu mengcover peningkatan kualitas dan kuantitas sumber daya manusia pada pondok pesantren. Pengembangan sumber daya manusia harus dilakukan secara sistematis untuk mengefektifkan pencapaian tujuan pengembangan.

“SDM yang baik mampu mendorong peningkatan pembangunan pesantren” tuturnya dalam penyampaian materi Konferensi.
SDM yang baik sangat berpengaruh dalam pengembangan dunia pesantren, baik dari pengelola, pendidik, maupun peserta didik yang ada didalamnya. Ketiga aspek tersebut tidak dapat terlepas antara satu dengan yang lainnya.

Selain memperhatikan kualitas SDM, mencurahkan waktu semaksimal mungkin juga mempengaruhi peningkatan mutu pesantren.
“Semakin banyak kontribusi waktu kita untuk mengurus pesantren, sebanyak itu pula peningkatan yang yang akan diterima oleh pesantren” tegas Dr. K.H. Daniar.

———————————————————-
Official Account University of Darunnajah:
Penerimaan: www.darunnajah.ac.id/pmb
Instagram: @univ.darunnajah
YouTube : Universitas Darunnajah
Facebook: Universitas Darunnajah Jakarta
Tiktok: Universitas darunnajah
Maps Darunnajah : Universitas Darunnajah
Whatsapp: 081222001443081240001302
Website: www.darunnajah.ac.id