Perkuat Organisasi DEMA Kabinet Solidaritas dengan Pelatihan Dasar Kepemimpinan Organisasi

0
16

Jakarta – Universitas Darunnajah mengadakan Latihan Dasar Kepemimpinan Organisasi Dewan Mahasiswa (DEMA) Kabinet Solidaritas 2024-2025. Acara ini diadakan di Gedung Abu Bakar dan dihadiri oleh H. Hendro Risbiyantoro, M.S. (Wakil Rektor 1 Universitas Darunnajah);  Nesa Novrizal, S.Pd., dan Royyan Fakhrudin Rifai, S.E., M.M. (Biro Kemahasiswaan). Acara ini berlangsung pada hari Jum’at, tanggal 1 Maret 2024,

Acara ini bertujuan untuk mendalami dasar-dasar kepemimpinan dalam sebuah organisasi, mengelaborasi fungsi organisasi yang efektif, serta mempelajari manajemen keuangan yang tepat bagi suatu entitas organisasi.

Materi pertama yang disampaikan ialah tentang dasar-dasar Kepemimpinan yang disampaikan oleh H. Hendro Risbiyantoro, M.S. tujuan dari materi ini ialah memperkenalkan konsep dari dasar-dasar kepemimpinan kepada anggota DEMA. Dalam penyampaiannya, Wakil Rektor 1 memberikan pemahaman bahwa seorang pemimpin harus berani mengambil risiko dan siap menderita. Pemimpin adalah individu yang mampu mempengaruhi, menginspirasi, dan memotivasi orang lain untuk mencapai tujuan bersama.

Pada sesi kedua, NEsa Novrizal S.Pd selaku bagian kemahasiswaan memberikan materi tentang Konsep dan fungsi dasar DEMA. ia menjelaskan bahwa DEMA adalah wadah yang mewakili mahasiswa dalam kegiatan kemahasiswaan, memperjuangkan hak serta kepentingan mahasiswa, dan menjadi tempat bagi mahasiswa yang ingin aktif berkontribusi. Ini memberikan pemahaman yang mendalam tentang peran dan tanggung jawab DEMA dalam menjalankan tugasnya.

Sesi akhir diisi oleh materi Dasar-dasar Manajemen Keuangan Untuk Organisasi Mahasiswa, yang disampaikan oleh Royyan Fakhrudin Rifai, S.E., M.M. Dalam pemaparannya, ia menekankan bahwa DEMA harus berfikir secara filosofis, dengan pendekatan yang sistematis, radikal, dan universal. Pendekatan ini memastikan bahwa DEMA bertindak searah dengan tujuan, menyentuh akar permasalahan secara mendalam, dan memperhatikan keseluruhan aspek yang terlibat.

Melalui acara ini, anggota DEMA Universitas Darunnajah mendapatkan bekal yang kuat dalam memimpin dengan bijak, memperjuangkan kepentingan mahasiswa, dan mengemban tanggung jawab dengan filosofi yang mendalam. Diharapkan, Kabinet Solidaritas 2024-2025 mampu menjalankan tugasnya dengan baik, membawa perubahan positif bagi mahasiswa Universitas Darunnajah.

Penulis: Ningsih
Editor: Rizal

Untuk Informasi lebih lanjut, silakan menghubungi kontak di bawah ini.
Publikasi dan Dokumentasi – Rizal (0857-2999-4723)