Pelatihan Kompetensi dan Sertifikasi Pengelolaan Zakat: Sukses dilaksanakan!

0
41

Jakarta – Darunnajah Training Center telah menyelenggarakan Pelatihan Kompetensi Pengelolaan Zakat. Pelatihan ini diselenggarakan pada tanggal 27 dan 28 Januari 2024 di Hall Room Ibnu Rusyd Darunnajah – Jakarta. Tujuan dari pelatihan ini adalah untuk mempersiapkan ujian Sertifikasi Profesi Pengelolaan Zakat yang diselenggarakan pada tanggal 29 Januari 2024. Selain tujuan mempersiapkan ujian sertifikasi, pelatihan ini juga bertujuan untuk meningkatkan sumber daya manusia (SDM) di bidang pengelolaan zakat.

“Pelatihan berbasis kompetensi ini adalah perdana untuk kita. Darunnajah Training Center akan terus menyelenggarakan pelatihan berbasis kompetensi dengan tujuan meningkatkan kualitas SDM Indonesia dan SDM Pesantren pada khususnya.” Tutur Ketua Darunnajah Trainning Center, Fajar Nur Syah Alam, S.Pd.

Pelatihan Kompetensi Pengelolaan Zakat dibuka oleh Presiden Universitas Darunnajah, KH. Hadiyanto Arief, MBs. Beliau memberi pesan kepada para peserta untuk mengikuti pelatihan kompetensi zakat dengan baik dengan harapan memiliki kompetensi yang dibutuhkan dan dapat diimplementasikan di dalam masyarakat sekitar. Selain itu, KH. Hadiyanto Arief, MBs. Juga berpesan bahwa untuk melayani masyarakat dibutuhkan kerja keras, kerja ikhlas dan kerja cerdas. Beliau juga menekankan pentingnya menyiapkan SDM unggul yang akan mengisi peran untuk Indonesia mendatang. Menurut beliau, zakat infak dan sedekah (ZIS) jika dikelola dengan baik akan memiliki manfaat yang strategis untuk Indonesia. Ada dua hal dalam pengelolaan zakat, yaitu peluang dan tantangan. Peluangnya adalah jumlah penduduk produktif yang sangat potensial dalam mempengaruhi pengelolaan zakat. Sedangkan tantangannya adalah bagaimana menyiapkan SDM yang kompeten.

Trainer dalam pelatihan ini adalah M. Wahib MH, M.Si (Direktur Lembaga ZISWAF CTARSA) dan Nur Fadlan, Lc., M.Si. (Akademisi dan Praktisi Ekonomi dan Keuangan Syariah). Pada sesi akhir Pelatihan Berbasis Kompetensi Pengelolaan Zakat peserta mendapatkan sesi dari Pimpinan BAZNAS RI Bidang Koordinasi Nasional, KH. Achmad Sudrajat, Lc., MA. Beliau berpesan tentang 3 A (Aman Syar’I, Aman Regulasi dan Aman NKRI).

Para peserta sangat antusias dalam mengikuti pelatihan karena pada tanggal 29 Januari 2024 mereka akan diuji oleh asesor dari LSP Beksya. Ujian ini akan menentukan mereka apakah “Kompeten” atau “Belum Kompeten”. Jumlah peserta dalam pelatihan ini sebanyak 24 orang yang terdiri dari pimpinan-pimpinan di berbagai lembaga.

Sebelum ujian sertifikasi Direktur Pemberdayaan Zakat dan Wakaf Kementerian Agama RI, Prof. Dr. H. Waryono Abdul Ghafur, M.Ag memberikan pengentar tentang pentingnya kompetensi spesifik yang harus dimiliki oleh setiap orang. Juga menekankan pentingnya pengelolaan zakat yang profesional, karena hal tersebut akan mewujudkan kesejahteraan masyarakat dan penanggulangan kemiskinan.

Setelah itu, peserta melakukan ujian tulis dan observasi dari LSP Beksya. Ujian tulis dilakukan di Hall Room Ibnu Rusyd Darunnajah. Sedangkan ujian observasi dilakukan di kelas Universitas Darunnajah – Jakarta.

Sebelum pembacaan rekomendasi dari asesor para peserta juga mendapatkan sambutan dari Komisioner BNSP (Badan Nasional Sertifikasi Profesi), Muhammad Nur Hayid. Beliau menyampaikan, “Sertifikasi Amil Zakat adalah pengakuan negara atas kompetensi dan kemampuan seorang yang terkait dengan pengelolaan zakat. Standarnya disahkan oleh negara dan diakui oleh negara-negara di ASEAN. Ada banyak ragam keuntungan bagi amil dan pimpinan Organisasi Pengelola Zakat (OPZ) yang telah melakukan Sertifikasi Profesi Amil Zakat, yaitu menunjukkan jaminan kualitas BASNAS/LAZ. Amil yang tersertifikasi akan meningkatkan kepercayaan Muzaki karena dana zakat mereka dikelola oleh pihak yang profesional dan diakui.” Tutup Muhammad Nur Hayid.

Setelah itu, peserta mendapatkan rekomendasi dari para asesor. Acara berikutnya pembacaan do’a oleh salah satu peserta dan ditutup oleh MC.

Penulis: Eva
Editor: Fajar

Untuk Informasi lebih lanjut, silakan menghubungi kontak di bawah ini.
Publikasi dan Dokumentasi – Rizal (0857-2999-4723)