Orientasi Universitas Darunnajah

0
59

 

Universitas Darunnajah yang lahir dari rahim pesantren, memiliki ikatan yang tidak dapat dilepaskan dari nilai-nilai kepesantrenan. Pesan dan amanah wakif dan pendiri Pondok Pesantren Darunnajah menjadi dasar dalam menentukan orientasi semua lembaga yang berada di bawahnya. Mengutip dari Serba-Serbi Piagam Wakaf yang dibacakan oleh Wakif, KH. Abdul Manaf Mukhayyar pada tahun 1994, lembaga Pendidikan Darunnajah harus menjadi lahan amal saleh untuk perjuangan bagi kaum muslimin.

Lembaga ini juga diamanahkan menjadi sumber ilmu pengetahuan agama Islam, bahasa Arab, bahasa Inggris, ilmu pengetahuan umum dan teknologi yang berjiwa Islam dan pesantren. Selain itu, amanah lainnya agar lembaga-lembaga di Darunnajah harus mampu menegakkan dakwah Islamiyyah yang berkhidmah di masyarakat. Hal ini ditujukan dalam rangka menjalankan proses “tafaqquh fi al-Din” mengajarkan agama untuk mendidik kader-kader bangsa dan agama. Mereka memahami ilmu agama sekaligus umum yang telah berkembang pesat selama ini.

Lembaga-lembaga ini tidak hanya sekedar menjalankan roda organisasi seadanya dengan berbagai tujuan di atas, akan tetapi juga harus memiliki kualitas tinggi dan berarti. Amanah dari para wakif dan pendiri Darunnajah ini sungguh memiliki tujuan yang luhur dan tanggung jawab yang besar bagi para penerusnya.

Dari gambaran wasiat para wakif dan pendiri Darunnajah di atas, Universitas Darunnajah (UDN) memiliki visi dan misi yang mengarahkan orientasi pendidikannya pada beberapa aspek berikut ini. Pertama, Universitas Darunnajah merupakan program pendidikan tinggi yang berorientasi pada dakwah Islamiyyah.

Segala aktivitas yang ada diarahkan untuk membawa misi keislaman yang kiranya dapat membawa pesan nilai-nilai ajaran Islam di kalangan masyarakat luas baik lokal maupun internasional. Melalui Tridharma universitas; pendidikan, penelitian, dan pengabdian masyarakat, unsur-unsur ajaran Islam harus menjadi fondasi dan filosofi yang berperan dalam berbagai kegiatan.

Kedua, Universitas Darunnajah (UDN) beriorientasi pada pendidikan tinggi yang berkualitas. Hal ini dilakukan pada beragam disiplin ilmu pengetahuan. Pendidikan yang holistik dan relevan dengan kebutuhan zaman, akan menjadi prioritas dalam menjawab tantangan zaman. Dalam proses pendidikan ini, UDN sangat menekankan pada aspek akademik dan penguatan karakter bagi para mahasiswa.

Pengelolaan lembaga dengan mendorong pengembangan kepemimpinan, etika, moralitas, tanggung jawab serta nilai-nilai kedarunnajahan seperti yang tertuang di dalam panca jiwa; keikhlasan, kesederhanaan, kemandirian, ukhuwah Islamiyyah, dan kebebasan. Kualitas pendidikan ini disertai dengan penguatan kompetensi teknis yang biasa disebut dengan soft skills. Para mahasiswa dilatih untuk menjadi kreatif, kolaboratif, dan komunikatif dalam menjalankan kegiatan baik akademik maupun non-akademik.

Mereka ditugaskan melakukan berbagai kegiatan praktik yang menuntut nalar kreatif dan kritis agar kegiatan mereka tuntas. Mereka juga dikenalkan program-program ke luar negeri untuk menambah wawasan global, yang dapat membekali mereka merasakan pengalaman langsung di luar Indonesia.  Dari sini, mereka kelak akan siap untuk berkompetisi di dunia global yang sangat dinamis.

Orientasi Universitas Darunnajah ketiga adalah pengabdian kepada masyarakat. Pihak UDN selalu mendorong mahasiswa terlibat di masyarakat dalam berbagai kegiatan sosial. Mereka difasilitasi untuk terlibat di masyarakat dan aktif dalam kegiatan sosial. Kolaborasi antara kampus dan pemerintah daerah setempat dalam mensukseskan berbagai program, merupakan kegiatan yang menjadi prioritas untuk diwujudkan.

Dari sini, masyarakat akan merasakan manfaat keberadaan lembaga pendidikan di tengah-tengah mereka. Pihak UDN juga mendorong para mahasiswa membantu pengembangan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) milik masyarakat agar mampu meningkatkan usahanya dan memberikan kesejahteraan bagi mereka.

Orientasi Universitas Darunnajah yang terakhir adalah menjadi lembaga yang dapat melakukan penelitian dan inovasi dalam pengembangan keilmuan dan teknologi. Pihak kampus mendorong para dosen dan mahasiswa melakukaan penelitian yang bermakna dalam berbagai bidang ilmu pengetahuan dalam rangka mengembangkan teori-teori, konsep-konsep yang dapat memberikan kontribusi bagi dunia ilmu pengetahuan.

Pihak kampus juga mendorong mereka untuk berinovasi dalam ilmu pengetahuan dan teknologi yang besar harapannya dapat memberikan manfaat bagi kemaslahatan umat manusia.

Demikian sekilas gambaran orientasi Universitas Darunnajah yang terus perlu kita kawal Bersama dalam perjalanannya. Semoga usaha kita dalam mengembangkan perguruan tinggi ini diridhai oleh Allah Swt. Amin.

Penulis : Dr. Much Hasan Darojat