Memperkuat Tri Dharma dengan Kerjasama Perguruan Tinggi

0
43

Jakarta, 30 November 2023 – Universitas Darunnajah bersama Universitas Islam Riau dan Yayasan Lembaga Pendidikan Islam (YLPI) Riau, memperkuat kerjasama dalam bidang pendidikan, penelitian, dan pengabdian masyarakat. Penandatanganan kerjasama ini dilakukan oleh Rektor Universitas Darunnajah Dr. Much Hasan Darojat dan Rektor Universitas Islam Riau Prof. Dr. H. Syafrinaldi, S.H., M.C.L., di Kampus Universitas Darunnajah, Jakarta, pada hari Kamis, 30 November 2023.

Dalam penandatanganan ini disaksikan oleh K.H. Hadiyanto Arief, S.H.,M.Bs. Presiden Universitas Darunnajah, K.H. Dr. Bustomi Ibrahim, M.Ag., Ketua Yayasan Darunnajah, Dr. Hendro Risbiyantoro, M.S., Wakil Rektor I Universitas Darunnajah, Dr. Samiyono, M.Pd., Wakil Rektor II Universitas Darunnajah, Dr. Muhammad Irfannudin, M.Ag., Wakil Rektor III Universitas Darunnajah,
Dan turut hadir dari Universitas Islam Riau Prof. Dr. H. Nurman,. M. Si, Ketum YLPI Riau, Dr. Arifin Bur, SH,. MH, Sekum YLPI Riau, H. Rustam Efendi, M.A, bidang Da’wah, Afufuddin, SH,. MH, anggota Pengawas, Dr. Mifta Syarif, MA, dosen FAI UIR, Dr. Muhibuddin, M. Si, wak bidang Da’wah, Drs. Sudarmo Hasan, MA, wak bidang Aset.

Kerjasama ini mencakup berbagai bidang, antara lain:
• Pertukaran mahasiswa, dosen, dan staf;
• Penyelenggaraan program bersama;
• Kerja sama penelitian dan pengembangan;
• Kerja sama pengabdian masyarakat.

Dalam rangka pelaksanaan kerjasama ini, kedua institusi juga mengadakan diskusi terkait dengan yayasan. Diskusi ini membahas tentang potensi kerjasama antara kedua yayasan, yaitu Yayasan Darunnajah dan Yayasan Universitas Islam Riau.

Rektor Universitas Darunnajah Dr Much Hasan Darojat mengatakan bahwa kerjasama ini merupakan langkah penting untuk meningkatkan kualitas pendidikan dan penelitian di kedua institusi. “Kerjasama ini akan memberikan kesempatan bagi mahasiswa, dosen, dan staf untuk saling belajar dan berbagi pengalaman,” kata Dr Much Hasan Darojat.

Rektor Universitas Islam Riau Prof. Dr. H. Syafrinaldi, S.H., M.H., juga menyambut baik kerjasama ini. “Kami berharap, kerjasama ini dapat meningkatkan kualitas pendidikan dan penelitian di kedua institusi,” kata Prof. Dr. H. Syafrinaldi, S.H., M.H.

Kerjasama ini diharapkan dapat memberikan manfaat bagi kedua belah pihak, serta dapat berkontribusi dalam peningkatan kualitas pendidikan di Indonesia.
Berikut adalah beberapa kegiatan yang dapat dilakukan dalam kerjasama ini:
• Pertukaran mahasiswa: Mahasiswa Universitas Darunnajah dapat mengikuti program pertukaran mahasiswa di Universitas Islam Riau, dan sebaliknya.
• Pertukaran dosen: Dosen Universitas Darunnajah dapat mengajar di Universitas Islam Riau, dan sebaliknya.
• Penyelenggaraan program bersama: Kedua institusi dapat bekerja sama dalam penyelenggaraan program studi, konferensi, seminar, dan workshop.
• Kerja sama penelitian: Kedua institusi dapat bekerja sama dalam penelitian dan pengembangan di berbagai bidang, seperti ilmu pengetahuan, teknologi, dan sosial.
• Kerja sama pengabdian masyarakat: Kedua institusi dapat bekerja sama dalam program pengabdian masyarakat di berbagai bidang, seperti pendidikan, kesehatan, dan lingkungan.
Kerjasama ini merupakan salah satu upaya untuk meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia. Dengan adanya kerjasama ini, diharapkan dapat tercipta sinergi antar perguruan tinggi untuk menghasilkan lulusan yang berkualitas dan siap menghadapi tantangan global.