STUDI BANDING LDK DARUNNAJAH x LDK AL-FATIH LIPIA

0
52

Sabtu, 11 November 2023 LDK Darunnajah mengadakan Studi Banding dengan mengundang LDK Al-Fatih LIPIA sebagai bentuk silaturahmi dan juga kerjasama. Kegiatan ini merupakan salah satu proram kerja departement Syiar Dakwah LDK Darunnajah. Dengan tema, “Menyinergikan Kualitas Kader Dakwah dan Mempererat Silaturahmi Antar Lembaga Dakwah Kampus.”

Kegiatan TUDING ini membahas beberapa masalah yang berkaitan tentang dakwah, yaitu:
1. Tantangan Dakwah Zaman Milenial
2. Peran Generasi Muda Khususnya Mahasiswa Dalam Dunia Dakwah
3. Manajemen Keuangan Lembaga Dakwah Kampus
4. Problematika Kegiatan-Kegiatan Lembaga Dakwah Kampus

Pemaparan dan pendapat dalam membahas masalah tersebut, LDK Al-Fatih LIPIA mengatakan bahwa peran generasi muda khususnya mahasiswa memiliki pengaruh yang sangat besar dalam menghadapi tantangan dakwah zaman milenial. Generasi muda harus kuat dalam menghadapi berbagai perubahan yang terjadi serta mampu mengatasi berbagai masalah yang terjadi akibat perubahan-perubahan zaman. Karena ada salah satu hadist nabi yang artinya “Sampaikan dariku walaupun Cuma satu ayat”.

Sesuai dengan hadist tersebut, maka salah satu tugas Lembaga Dakwah Kampus adalah
menyebarkan kebaikan dan juga kebenaran, walaupun hanya secuil tetapi dapat membawa
dampak yang baik. Kemudian, yang paling menarik dari LDK Al-Fatih LIPIA mereka memiliki bisnis alternatif dalam mendanai kegiatan-kegiatannya. Mereka memanfaatkan pakaian-pakaian bekas yang masih bagus dan layak pakai untuk dijual kembali. Selain itu, ereka memiliki banyak donatur dan juga relasi serta para alumni LDK Al-Fatih yang sangat humble.

LDK Al-Fatih LIPIA sudah berdiri selama 20 tahun dan kegiatan-kegiatan yang mereka lakukan tidak pernah mendapatkan dukungan dari kampus mereka. Tetapi, karena semangat berjuang, berjihad dijalan Allah SWT mereka mampu berdiri sendiri sehingga dikenal oleh banyak orang.

Selain diskusi mengenai masalah-masalah yang ada pada lembaga masing-masing, studi banding ini bertujuan untuk mempererat silaturahmi dan juga kerja sama serta bertukar pikiran maupun pengalaman yang bisa diterapkan dan dikembangkan oleh LDK Darunnajah.