Kunjungan Universitas Darunnajah Ke Kedutaan Turkiye Untuk Indonesia

0
51

Kunjungan Universitas Darunnajah Ke Kedutaan Turkiye Untuk Indonesia

Jakarta, 24 Oktober 2023 – Universitas Darunnajah mengadakan kunjungan ke kedutaan Turkiye untuk Indonesia. Kunjungan ini bertujuan untuk membahas peluang kerjasama antara Universitas Darunnajah dan lembaga-lembaga pendidikan dan sosial di Turkiye sekaligus kunjungan balasan dari kunjungan Duta Besar Turkiye ke Universitas Darunnajah (UDN) september lalu.

Hadir dalam kunjungan ini, Presiden Universitas Darunnajah, Dr. K.H. Sofwan Manaf, M.Si dan K.H. Hadiyanto Arief, S.H., M.Bs. didampingi oleh Rektor Universitas Darunnajah, Dr. Much Hasan Darojat dan Wakil Rektor bidang Kerjasama antar lembaga, Dr. Muhammad Irfanudin Kurniawan, M.Ag.

Universitas Darunnajah diterima oleh Duta Besar Turkiye untuk Indonesia, Prof. Dr. Talip Küçükcan. Beliau menyambut baik inisiatif Universitas Darunnajah untuk menjalin kerjasama dengan Turkiye, terutama di bidang pendidikan dan sosial.

“Turkiye dan Indonesia adalah dua negara sahabat yang memiliki hubungan yang erat dan harmonis. Kami sangat menghargai upaya Universitas Darunnajah untuk meningkatkan kerjasama antara kedua negara, khususnya di bidang pendidikan dan sosial. Kami siap mendukung dan memfasilitasi kerjasama ini,” ujar Prof Talip.

Pesantren dan Universitas Darunnajah memiliki hubungan yang baik dengan beberapa lembaga di Turkiye, baik Kedutaan Turkiye, Istanbul Foundation, hingga Lembaga-lembaga pendidikan yang ada di Negara Turki. Beberapa alumni Darunnajah sedang menempuh pendidikan tinggi di Universitas-universitas ternama di Turkiye.

Rektor Universitas Darunnajah, Dr. Much Hasan Darojat mengatakan bahwa kunjungan ini adalah bagian dari visi dan misi Universitas Darunnajah untuk menjadi universitas yang unggul, berkarakter, dan berdaya saing global.

Beliau menambahkan bahwa Universitas Darunnajah tertarik untuk bekerja sama dengan Turki dalam beberapa bidang, seperti pertukaran mahasiswa dan dosen, penelitian bersama, pengembangan kurikulum, dan pemberian beasiswa.

“Kami sangat mengapresiasi kesempatan ini untuk bertemu dengan Duta Besar Turkiye dan membahas peluang kerjasama antara Universitas Darunnajah dan Turkiye. Kami berharap kerjasama ini dapat terwujud dan memberikan manfaat bagi kedua belah pihak,” tutur Dr. Much Hasan Darojat.

Salah satu lembaga yang menjadi mitra potensial Universitas Darunnajah adalah Turkiye Diyanet Vakfi (TDV), sebuah lembaga sosial penyedia beasiswa internasional di bawah naungan Kementerian Agama Turkiye.

TDV telah menjalin kerjasama dengan beberapa pesantren di Indonesia, termasuk Pesantren Darunnajah, yang merupakan induk dari Universitas Darunnajah.

Selain itu, Universitas Darunnajah telah bekerjasama dengan Istanbul Foundation, sebuah lembaga yang bergerak di bidang ilmu dan agama dengan perspektif Said Nursi, seorang ulama dan pemikir Islam terkemuka dari Turki. Universitas Darunnajah telah mengadakan seminar internasional tentang karya-karya Said Nursi pada bulan September lalu.

Dengan terlaksananya kunjungan ini dapat melanjutkan hubungan baik antara Universitas Darunnajah dengan Turkiye dan lembaga pendidikan yang ada di Turkiye.

Penulis: Rinaldi Permana Putra

Editor: Maulidya Benita Putri