Konferensi Mahasiswa Nasional – Universitas Darunnajah

0
48

Konferensi Mahasiswa Nasional Jilid III ini sudah dilakukan sebanyak 3 kali oleh pengurus DEMA UIN Jakarta, dilaksanakan pada hari Selasa hingga Rabu, 14-15 maret 2023 di Pusat TIK Nasional. Dengan adanya ini bertujuan agar seluruh mahasiswa Indonesia berkumpul didalan satu ruangan dan membahas dengan tema “Optimalisasi SDM Unggul Demi Tercapainya Sustainable Development Goals (SDGs) 2030 di Indonesia”. Pada kegiatan ini dihadiri oleh 88 Peserta dari 32 Delegasi Universitas yang ada diseluruh Indonesia.

Dalam kegiatan ini DEMA Universitas Darunnajah Mengutus Moh Fariz Dzikrul Kholik, Fadhlan Fatih, Tiara Melani & Annisa Safitri. Kegiatan ini menjadikan master point berdasarkan tujuan pembangunan berkelanjutan (TPB) atau Sustainable Development Goals (SDGs), maka dengan ini Seluruh mahasiswa bisa berdiskusi dengan menyatukan gagasan dan harapan pada selesai kegiatan ini bisa diserahkan kepada pemerintah setempat.

Kegiatan dimulai dengan sambutan wakil rektor III Prof. Ali Munhanif, Ph.D. yang dimana beliau menyampaikan kepada mahasiswa yang memiliki wawasan lebih baik dan mempunyai peran penting mengenai visi misi Indonesia 2045 nanti. Betul kata beliau bahwasanya mahasiswa memiliki wawasan yang luas apalagi dibidang IT sehingga generasi milenial ini diharapkan bisa menjadikan penerus bangsa selanjutnya agar tidak tergantikan oleh orang asing.

Dan pada hari pertama sesi terakhir dihadiri oleh Sabir Laluhu (Aktivis Politik) dengan membawa tema “Penegakan Hukum Pemberantasan Korupsi & Pencapaian SDGs”, dalam memberantaskan korupsi dikalangan pemerintah mulai dari diri kita sendiri. Dari kalangan mahasiswa bahkan masyarakat sering korupsi dengan waktu sehingga sering dalam suatu event tidak berjalan sesuai dengan waktunya. Maka dengan ini peran mahasiswa menerapkan pendidikan anti korupsi & melaporkan kepada penegak hukum jika terdapat dugaan korupsi.

Pada hari kedua, peserta berdiskusi mengenai Konsolidasi & Rekomendasi yang dimana seluruh mahasiswa berdiskusi mengenai 3 bidang, yaitu: 1) Pembangunan sosial 2) Sosial 3) HAM. Sehingga dengan adanya kegiatan ini seluruh mahasiswa berdiskusi sesuai aspirasi mahasiswa dari seluruh Indonesia yang nantinya akan dialog dengan KEMENKO PMK.

Kegiatan Diskusi

Perwakilan Universitas Darunnajah mendapatkan amanah untuk berdialog langsung mengenai HAM yang akan berdiskusi oleh KEMENKO PMK di Kantor tersebut. Dilanjutkan dengan menyusun aspirasi yang didiskusikan. (Moh Fariz Dzikrul Kholik)