Menerjang Hujan, Jalankan Rutinitas – Dewan Mahasiswa

0
72

Demi menjalankan ibadah, Dema ( Dewan mahasiswa) Universitas Darunnajah Jakarta selatan rela menerjang hujan  memberikan sedekah kepada warga sekitar guna menjalankan rutinitas mingguan yaitu Jumat Berkah dengan membagikan 50 paket snack kepada beberapa sopir angkot, ojol, juga warga sekitar yang melewati titik dilaksanakannya kegiatan ini.

Menerjang gerimis membagikan snack

Hari ini, Jumat 19 Mei 2023, Dema kembali menjalankan kegiatan wajib mingguan walaupun dalam keadaan yang tidak memungkinkan, karena hari ini cuaca sangat tidak mendukung (hujan).

Hujan berlangsung sangat deras, namun semangat Dema lebih deras dari pada hujan. Mereka tetap antusias memberikan sedekah kepada orang yang patut menerimanya. Sebab sedekah bukan hanya perihal memberi, melainkan ada keikhlasan yang terkandung di dalamnya. Sedekah disebabkan oleh keikhlasan, dan keikhlasan akan menjadi landasan bagi siapa saja untuk menuju kemenangan di jalan Allah SWT.

Bersedekah tidak hanya dilakukan pada hari Jumat saja, kita bisa bersedekah kapan saja kita mau. Namun, dalam rutinitas mingguan ini, Dema ( Dewan mahasiswa) menjalankannya pada hari Jumat. Karena diantara hari-hari lainnya, hari Jumat merupakan hari yang sangat utama untuk bersedekah. Dalam  hadist disebutkan :

“ Dan sedekah pada hari itu(Jumat) lebih mulia dibanding hari- hari selainnya. (HR. Ibnu Khuzaimah).

Allah SWT menjamin rezeki berlipat ganda bagi siapa pun yang melakukan sedekah. Dalam surah Al Baqarah ayat 261, Allah menjanjikan balasan rezeki untuk orang yang sudah menginfakkan rezekinya di jalan Allah SWT.

مَثَلُ الَّذِيْنَ يُنْفِقُوْنَ اَمْوَالَهُمْ فِي سَبِيْلِ للهِ كَمَثَلِ حَبَّةٍ اَنْبَتَتْ سَبْعَ سَنَابِلَ فِيْ كُلِّ سُنْبُلَةٍ مِاىةُ حَبَّةٍ وَ اللهُ يُضٰعِفُ لِمَنْ يَشَاءُ وَ الله وَاسِعٌ عَلِيْمٌ.

Artinya: “ perumpamaan orang yang menginfakkan hartanya di jalan Allah SWT seperti butiran biji yang menumbuhkan tujuh tangkai, pada setiap tangkai ada seratus biji. Allah melipatgandakan bagi siapa yang dikehendaki, dan Allah maha luas maha mengetahui”

Begitulah Dema melaksanakan kegiatan mingguan berupa sedekah. Selain untuk ibadah, kegiatan ini juga akan mendidik serta melatih kepribadian para mahasiswa agar dapat menumbuhkan jiwa pemberi, serta melatih bagaimana cara berorganisasi yang baik dan bertanggung jawab.

Hari ini Dema membuktikan bahwa sedekah bukan hanya sekedar memberi. Namun sedekah merupakan bagaimana cara kita melatih diri untuk ikhlas dan saling membutuhkan satu sama lain.