Ifthar Jama’i Keluarga Besar Universitas Darunnajah

0
58

Kamis, 06 April 2023, Dema (Dewan Mahasiswa) Universitas Darunnajah Jakarta Selatan mengadakan acara Ifthar Ramadhan 1444 H bersama Dosen, Pengelola, termasuk Presiden juga Rektor beserta Wakil Rektor Universitas Darunnajah. Acara ini dilaksanakan dalam rangka meningkatkan kadar keimanan serta memperkuat tali silaturrahmi sebelum libur Ramadhan.

Acara dimulai pada pukul 16:30 WIB s/d selesai dengan mendengarkan beberapa sambutan dari presiden Universitas Darunnajah dan sambutan dari Rektor Universitas Darunnajah dan dilanjutkan dengan tausiyah sembari menunggu waktu berbuka.

Sambutan yang pertama disampaikan oleh Ust. Dr. KH. Sofwan Manaf, M.Si selaku Presiden Universitas Darunnajah mengatakan bahwa Universitas ini harus tetap dimajukan dengan mentargetkan 10.000 Mahasiswa dalam kurun waktu 5 tahun kedepan. Sebab Universitas Darunnajah sendiri telah mencapai sekitar 700 Mahasiswa hanya dalam waktu 9 bulan. Berbeda dengan pesantren, Universitas dapat lebih cepat dalam   peningkatan jumlah Mahasiswa. Universitas Darunnajah juga merupakan salah satu dari empat Universitas  berbasis pesantren yang ada di Indonesia.

Kemudian dilanjutakan dengan sambutan yang kedua oleh Ust Dr. Much Hasan Darojat selaku Rektor Universitas Darunnajah yang menyampaikan beberapa nasihat kepada seluruh peserta acara khusunya kepada Mahasiswa Universitas Darunnajah. Dalam sambutannya beliau mengatakan tentang apa tujuan orang-orang melaksanakan ibadah puasa di bulan suci Ramadhan.

Pertanyaan tersebut telah dijawab oleh Al-Quran di ayat penutup/ akhir dari surah An-Nahl yang memiliki arti:

“Sungguh, Allah beserta orang yang bertaqwa dan orang- orang yang berbuat kebaikan”

Dari ayat tersebut, bisa kita simpulkan bahwa tujuan dalam menjalankan puasa agar dapat meraih nilai- nilai ketaqwaan dalam menjalankan perintah Allah SWT. Beliau juga mengajak para Mahasiswa Universitas Darunnajah agar melakukan hal terbaik untuk diri sendiri dan Universitas Darunnajah.

Setelahnya, dilanjutkan dengan tausiyah  yang disampaikan oleh ust. Hasyim Abdul Jamil, M. Pd yang berisi bahwa puasa berbeda dengan ibadah yang lain, puasa tidak memiliki tingkat derajat dalam pahala, puasa memiliki makna yang sangat luas. Pada intinya puasa merupakan ibadah yang manambah rasa kesyukuran kita terhadap nikmat Allah SWT.

Itulah beberapa sambutan serta tausiyah pada acara Ifthar Ramadhan 1444 H Universitas Darunnajah. Selanjutnya, acara dilanjutkan dengan buka puasa bersama juga ramah tamah antar keluarga Universitas Darunnajah. (Audia)