Festival Hadroh Dalam Rangka Maulid Nabi Muhammad SAW

0
156

FESTIVAL AL-BANJARI UDN 2023 Dalam Rangka Memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW

Untuk menyambut bulan Maulid Universitas Darunnajah Jakarta mengadakan peringatan maulid yang dilakukan di gedung Abu Bakar (Seberang Pesantren Darunnajah). Acara ini di agendakan oleh UKM Hadroh yang berada di bawah naungan Dema Universitas Darunnajah.

Pada peringatan maulid kali ini acara dibagi menjadi dua bagian yaitu, Festival Hadroh Al-Banjari yang berlangsung di pagi sampai sore hari dan peringatan maulid bersama Habib Nabiel Bin Syauqi Al-Qadry yang mengusung tema “Dengan agama hidup jadi terarah. Dengan ilmu hidup menjadi mudah dan dengan seni, hidup menjadi indah”.

Acara di buka dengan sambutan dari Wakil Rektor 1 Ust. Hendro Risbiyantoro, M.S. dan Wakil Rektor 3 Dr. Muhammad Irfanudin Kurniawan yang menceritakan secara singkat dan penuh makna perjuangan Nabi Muhammad SAW dalam menyebarkan agama Islam.

Beliau dalam memperjuangkan agama Islam tidaklah semulus membalikkan telapak tangan, sebab banyak sekali tekanan dan teror yang diterima. Bahkan sampai harus menerima perlakuan yang kurang manusiawi sering beliau dapatkan, seperti dilempari kotoran unta. Diludahi, difitnah dan masih banyak lagi. Namun segala perlakuan itu dibalas dengan kesabaran untuk menyebarkan nilai-nilai agama Islam ke tengah-tengah perkembangan masyarakat.

Acara berlanjut dengan penampilan para peserta hadroh yang terdiri dari 13 tim :

  1. ASSHOLATIYAH
  2. AL-FATIH DAN SEKITARNYA
  3. SHOLATIYATUNNAHWA
  4. IPNU IPPNU
  5. CEKPOO TPN
  6. HAMDUL HABIB
  7. IKHWANUSSHOFA
  8. SMK PERWIRA
  9. NURUL IMAN
  10. ASS’ADATUL QOMARIYAH
  11. MS MUSIC
  12. MA JAMIYYAH ISLAMIYAH
  13. RIBATHUL MUHIBBIN

Setiap tim tentunya memiliki keunikan tersendiri dalam membawakan lagu dan syair dalam penampilan. Namun, juri harus tetap memilih juara dari para peserta yang tampil dalam Festival Hadroh Al-Banjari UDN 2023. Dengan menimbang beberapa hal seperti Vocal, Adab Syair dan lain-lain, juri akhirnya memutuskan:

  • Grup ASS’ADATUL QOMARIYAH sebagai Juara 1
  • Grup HAMDUL HABIB sebagai Juara 2
  • Grup SHOLATIYATUNNAHWA sebagai Juara 3
  • Grup RIBATHUL MUHIBBIN sebagai Juara Harapan 1
  • Grup IKHWANUSSHOFA sebagai Juara Harapan 2

Penulis: Irfandi Tomagola

Editor: Maulidya Benita Putri