Empat mahasiswa Manajemen Pendidikan Islam (MPI) STAI Darunnajah jalani Ujian Skripsi secara Daring

0
87

STAIDA Online – Pandemi Covid-19 belum berakhir, walaupun vaksinasi telah mulai dilakukan oleh pemerintah. Sejumlah kampus telah melakukan perkuliahan secara daring sebagai upaya memutus mata rantai penyebaran covid-19 di satuan pendidikan. Tak terkecuali Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) Darunnajah Jakarta.

Selain kegiatan perkuliahan STAI Darunnajah juga melakukan ujian skripsi untuk para mahasiswa akhir secara daring sebagai upaya untuk menyegerakan penuntasan masa studi.

Adalah Siti Fatimah, Ahmad Turhamun, Sumiyati dan Ahmad Munandhir keempat mahasiswa dari program studi Manajemen Pendidikan Islam (MPI) ini telah berhasil menyelesaikan tugas akhirnya dan menghadapi ujian untuk skripsinya pada hari jum’at (12/3).

Untuk ujian skripsi pada sesi pertama dihadapi saudari Siti Fatimah yang dibimbing oleh H. Hendro Risbiantoro, M.Si dengan judul skripsi “Perkembangan Pendidikan Ekstrakulikuler di SMP IT Al-Hikmah Depok”. Dalam penelitiannya mahasiswi ini menemukan bahwa tujuan diadakannya kegiatan ekstrakurikuler di SMP IT Al-Hikmah adalah untuk mengembangkan bakat, minat, prestasi dan juga kreatifitas siswa. Dan melalui kegiatan ekstrakurikuler siswa dapat bertambah wawasan mengenai mata pelajaran yang erat kaitannya dengan pelajaran di ruang kelas atau dengan kata lain kegiatan ekstrakurikuler digunakan sebagai penunjang pelajaran di kelas.

Lain halnya dengan Ahmad Turhamun, mahasiswa yang menghadapi ujian di sesi kedua ini mengambil judul skripsi “Pengaruh Status Sosial Ekonomi Keluarga dan lingkungan sekolah terhadap Kreatifitas Belajar Siswa” yang dibimbing oleh Farah Diba, M.I.Kom. Hasil dari penelitiannya menunjukkan adanya pengaruh yang signifikan antara status social ekonomi keluarga dan lingkungan sekolah terhadap kreatifitas belajar siswa secara simultan (bersama-sama) dengan koefisien determinasi 0,585, yang berarti 58,8% dipengaruhi oleh kedua faktor ini dan sisanya dipengaruhi oleh variable lain.

Kedua sesi ujian skripsi ini dilaksanakan pada jum’at pagi sebelum shalat jum’at dan yang mendapatkan tugas untuk menguji adalah Dr. Nurhadi, M.Pd. penguji 1, Mukhlisin, M.Pd. penguji 2 dan Idham, M.Pd. sebagai sekertaris penguji.

Ujian sesi ketiga dilanjutkan setelah shalat jum’at, kini giliran Sumiyati yang diuji. Ia mengambil judul skripsi “Implementasi Program Adiwiyata di MI Negeri 3 Tangerang”. Dalam penelitiannya mahasiswi ini dibimbing langsung oleh Duna Izfanna, M.Ed., Psy., Ph.D yang merupakan Ketua STAI Darunnajah. Dari hasil penelitian mahasiswi ini menunjukkan bahwa implementasi program adiwiyata di sekolah tersebut sudah berjalan sesuai dengan standar program. Dan program ini memberikan implikasi positif bagi warga sekolah tidak hanya di lingkungan sekolah akan tetapi juga saat berada di rumah masing-masing.

Dan Ahmad Munandhir mendapatkan kesempatan ujian di akhir sesi, ia mengambil judul untuk penelitiannya “Evaluasi Pelayanan Perpustakaan di Pondok Pesantren Darunnajah 2 Cipining Bogor”. Yang mendapatkan tugas membimbing skripsi mahasiswa ini adalah Duna Izfanna, M.Ed., Psy., Ph.D. Di akhir kesimpulan penelitiannya ia mendapatkan bahwa pelayanan perpustakaan sekolah di pondok pesantren Darunnajah 2 Cipining terdapat kesenjangan pada setiap komponen. Yaitu pada 1) komponen masukan seperti kurangnya sumber daya manusia, kurang optimalnya pengadaan koleksi referensi dll. 20 komponen proses seperti tidak adanya pendaftaran kartu anggota, peraturan peminjaman perpustakaan tidak tertulis dll. 3) komponen keluaran seperti ketidaktersediaan laporan jumlah pengguna, laporan kepuasan pengguna juga tidak dilakukan rutin setiap tahun dll. Untuk itu pelayanan perpustakaan sekolah di Pondok Pesantren Darunnajah 2 Cipining belum bisa dikatakan memuaskan pengguna perpustakaan.

Pada sesi ketiga dan keempat ini yang menguji adalah Dr. H. Nashiruddin Cholid, M.Ag sebagai penguji 1, Farah Diba sebagai penguji 2 dan Idham, M.Pd. sebagai sekertaris penguji. Tiap mahasiswa mendapatkan porsi waktu ujian 60 menit dan itu cukup membuat mereka berdebar-debar menghadapinya.

Dengan segala persiapan yang dilakukan oleh keempat mahasiswa ini baik lahir maupun batin telah memberikan hasil yang memuaskan menurut para penguji. Hal itu dilihat dari persentasi setiap mahasiswa menunjukkan penguasaannya terhadap apa yang ditelitinya. Dan para penguji pun memberikan hasil nilai untuk mereka dengan predikat baik sekali.

Semoga dengan selesainya keempat mahasiswa ini dalam tugas akhirnya dapat menjadi pelecut untuk mahasiswa lainnya untuk segera menyelesaikan masa studinya di kampus tercinta ini. [acad]