Dosen PIAUD UDN Menerima Beasiswa Untuk Pelatihan Kepemimpinan Pemuda

0
44

Dosen PIAUD Universitas Darunnajah Menerima Beasiswa untuk Pelatihan Kepemimpinan Pemuda di Kabupaten Takalar, Sulawesi Selatan

Salah satu dosen Pendidikan Islam Anak Usia Dini atas nama Dwi Puji Lestari, M.Pd  menerima beasiswa pelatihan kepemimpinan pemuda yang dilaksanakan oleh Lembaga penyelenggara International Conference Religonal Peace (ICRP) yang bekerja sama dengan Kemendagri, dan Ford Foundation. 30 pemuda terpilih diberikan pelatihan kepemimpinan pemuda di Wisata Pantai Galesong, Takalar, Sulawesi Selatan selama 10-15 Oktober 2023.

Pelatihan ini sangat bermanfaat untuk membekali diri sebagai seorang pemuda untuk ambil bagian daripada Indonesia karena dalam pelatihan ini dibekali dengan materi kepemimpinan baik teori maupun praktik” kata Dwi sebagai peserta pelatihan.

Tujuan dari pelatihan ini untuk menyiapkan pemuda untuk memimpin Indonesia di masa depan. Keragaman bangsa Indonesia memerlukan pemimpin yang berwawasan Pancasila dan terbuka terhadap perbedaan suku, agama, ras, budaya, dan berbagai perbedaan yang lainnya.

Dalam pelatihan diberikan materi yang menunjang untuk membekali peserta pelatihan diantaranya materi pemimpin dan kepemimpinan, karakter pemimpin masa depan, pemimpin dan kepemimpinan berjiwa Pancasila, belajar dari tokoh bangsa, membangun organisasi pembelajar, dan kunjungan lapangan ke rumah ibadah dan wisata mangrove untuk mengasah kepakean pada lingkungan. Malam terakhir diakhiri dengan malam budaya untuk mengenalkan tentang keragaman budaya di Indonesia yang dipersembahkan oleh peserta pelatihan.

Adapun Rencana Tindak Lanjut (RTL) dari kegiatan ini adalah membuat karya ilmiah berbasis penelitian pada komunitas untuk mengungkap realita tentang kepemimpinan pada komunitas tersebut. Hasil dari karya ilmiah akan dipresentasikan di Bali pada November 2023 mendatang (DPL).