Dosen PIAUD UDN Adakan Pelatihan Kurikulum MBKM

0
70

“Dosen PIAUD Universitas Darunnajah Gagas Inovasi Pendidikan dengan Pelatihan Kurikulum MBKM di beberapa sekolah TK”

Sabtu, 25 November 2023 Para dosen dari Program Kegiatan Mahasiswa (PKM) Universitas Darunnajah menggelar kegiatan yang inovatif dengan menyelenggarakan pelatihan kurikulum Merdeka Belajar Kurikulum Mandiri (MBKM) di TK Darunnajah 1, 5 dan 10. Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan wawasan dan dukungan kepada guru TK dalam mengimplementasikan kurikulum yang sesuai dengan semangat MBKM.

Dosen-dosen tersebut memperkenalkan konsep MBKM kepada guru TK dan memberikan pandangan mendalam tentang bagaimana pendekatan ini dapat memberikan keleluasaan bagi siswa untuk mengeksplorasi minat dan bakat mereka.

 

Arie Rijanti, M.Pd salah satu pemateri, menjelaskan aspek-aspek kunci MBKM dan memberikan contoh implementasinya dalam konteks pendidikan anak usia dini. Dengan metode interaktif, beliau mendiskusikan cara mengintegrasikan kegiatan pembelajaran yang berpusat pada siswa dan mendorong kreativitas anak-anak.

Kegiatan pelatihan juga melibatkan sesi workshop praktis, di mana guru-guru TK diajak untuk merancang kurikulum MBKM yang sesuai dengan karakteristik dan kebutuhan anak-anak prasekolah. Ini menciptakan lingkungan kolaboratif di antara para guru untuk berbagi ide dan pengalaman.

Sementara itu, Hapsa Kamarudin, M.Pd membahas strategi penilaian yang sesuai dengan pendekatan MBKM. Beliau memberikan contoh cara mengevaluasi kemajuan siswa dengan pendekatan holistik, menggabungkan aspek penilaian kognitif dan non-kognitif.

Kegiatan ini tidak hanya memberikan manfaat bagi guru TK, tetapi juga memberikan kesempatan bagi mahasiswa PKM untuk berkontribusi dalam pengembangan pendidikan di masyarakat sekitar. Semua pihak yang terlibat diharapkan dapat mengambil inspirasi dan pengetahuan baru untuk meningkatkan kualitas pembelajaran di tingkat prasekolah. (PNM)