Bimtek SPMI Dalam Rangka Peningkatan Mutu Pendidikan – Universitas Darunnajah

0
86

Direktorat Pendidikan Tinggi Keagamaan Islam Direktorat Jenderal Pendidikan Islam melaksanakan Bimtek SPMI kepada Perguruan Tinggi di bawah binaan Kopertais Wilayah I Jakarta dan Banten. Kegiatan BIMTEK SPMI dilaksanakan di Serang yang berlangsung selama tiga hari (31 Agustus – 2 September 2023). Dalam rangka peningkatan mutu pendidikan tinggi, kegiatan tersebut dihadiri oleh Para Pimpinan Perguruan Tinggi dan Lembaga Penjaminan Mutu. Universitas Darunnajah di hadiri oleh perwakilan Tim LPM yaitu Taufiq Ramadhan, S.Sy., M.H., yang berlangsung secara Luring dengan diikuti oleh perwakilan dari 50 Perguruan tinggi yang ada di bawah binaan Kopertais Wilayah I Jakarta dan Banten.


Acara dibuka secara resmi oleh Kasubdit Kelembagaan Kementerian Agama Dr. H. Tobib Al-Asyar, MA. dan didampingi oleh Aptikis yaitu KH. Syamsudin. Pada kesempatan itu juga hadir tim pakar yang hadir sebagai narasumber yaitu Prof. Dr. Sururin, M.Ag (UIN Syarif Hidayatullah Jakarta/Wakor Kopertais Wilayah 1 Jakarta dan banten) dan Dr. R Lukman Fauroni, M.Ag (UIN Raden Mas Said Surakarta). Pada hari pertama dan kedua acara tersebut para Tim Pakar memaparkan materi-materi diantara:
– Sistem Penjaminan Mutu Perguruan Tinggi
– Sistem Penjaminan Mutu Internal
– Sistem Penjaminan Mutu Eksternal
– Dokumen Mutu, Kebijakan, Manual, Standar, Formulir
– Audit Mutu Internal

Materi-materi yang disampaikan tersebut disesuaikan dengan kebutuhan dari peserta, ini dinyatakan dengan penjaringan melalui google form yang diberikan kepada peserta dengan menyesuaikan materi dari keadaan Perguruan tinggi masing-masing. Setelah itu, para peserta dibagi kelompok untuk membuat contoh standar mutu yang nantinya akan mempersentasikan dokumen mutu yang disusun serta rencana tindak lanjut. Para tim pakar pun melakukan sharing bersama para peserta atas permasalahan yang dialami di masing-masing perguruan tinggi dan solusinya.
Acara yang sangat baik ini, kemudian ditutup oleh Staf Khusus Menteri Agama RI Bapak H. Abdul Rahman dengan memberi arahan-arahan bagi PTKIS yang berada di bawah binaan Kopertais Wilayah I Jakarta dan Banten. Beliau berharap agar PTKIS dapat berperan dan berdaya bersaing secara nasional maupun Internasional.