Perpustakaan Universitas Darunnajah Adakan Bimbingan Pemustaka dan Literasi Informasi

0
22
Bimbingan Pemustaka

BIMTAKA LIFORSI

Perpustakaan Universitas Darunnajah menyelenggarakan Bimbingan Pemustaka dan Literasi Informasi (BIMTAKA LIFORSI) dengan Tema “Pemanfaatan Perpustakaan dengan baik dan benar & sosialisasi ELIBRARY UDN” Untuk Mahasiswa Baru pada Jum’at, 09 September 2022.

Bimbingan Pemustaka ini dilaksanakan secara Hybrid mahasiswa kampus 1 secara tatap muka dan kampus 2,3,&4 secara online. Kegiatan ini berjalan dengan baik dan santai

Wakil Rektor 1 bidang Akademik Universitas Darunnajah, Muhammad Irfanudin Kurniawan, M.Ag. hadir memberi sambutan. Dalam sambutanya, Ust.Irfan berbicara mengenai faktor-faktor yang mendorong kemajuan sains  di dunia Islam.

“Ada 5 faktor yang mendorong kemajuan sains di dunia Islam. Pertama, berkat keseriusan dalam mengimani dan mempraktikan ajaran Islam sebagaimana yang tertuang dalam Al-Qur’an dan Sunah terlahirlah individu unggul yang akan membentuk masyarakat madani Islami. Kedua, adanya motivasi dari agama dari kitab suci Al-Quran banyak berisi anjuran untuk menuntut ilmu. Ketiga, factor sosial-politik. Keempat, faktor ekonomi dan kesejahteraan masyarakat yang membuka kesempatan bagi setiap orang untuk mengembangkan diri dan mencapai keinginannya. Kelima, dukungan dan perlindungan dari pemerintah. Dari 5 faktor tadi lah yang menegaskan bahwa ajaran Islam menjadi sumber tradisi intelektual dan peradaban.” Jelas Ust.Irfan saat kegiatan berlangsung.

Kemudian acara dilanjutkan dengan arahan Pustakawan Perpustakaan Darunnajah, Usth. Fika Khairunnisa, S.IP. Menjelaskan layanan-layanan yang ada di Perpustakaan Universitas Darunnajah, diantaranya layanan bimbingan pemustaka, layanan ruang baca, layanan sirkulasi, layanan referensi, layanan multimedia, dan layanan cek plagiasi. Usth. Fika juga menjelaskan istilah-istilah yang ada di Perpustakaan seperti Perpustakaan adalah institusi pengelolaan koleksi karya tulis atau karya rekam secara profesional dengan sistem yang baku guna memenuhi kebutuhan pendidikan, penelitian, pelestarian, informasi, dan rekreasi pemustaka.

“Perpustakaan bukan sekedar tempat buku-buku yang dimasukan kedalam rak saja, sebelum dimasukan kedalam rak-rak penyimpanan buku-buku tersebut di olah mulai dari pembuatan inventaris buku, dicap/stempel, diklasifikasi, di masukan kedalam katalog, dibuatkan no.punggung dan barcode, kemudian baru bisa disusun ke rak penyimpanan dengan melihat kode klasifikasi dan alfabetnya, jadi teman-teman kalau sudah selesai membaca buku jangan langsung di taruh asal ke rak, letakan buku tersebut ke meja khusus pengembalian buku nah nanti tugas nya pustakawan mengembalikan buku ke rak penyimpanan (shelving) sesuai kode klasifikasi”

Usth. Fika mejelaskan istilah Pustakawan yakni seseorang yang memiliki kompetensi yang diperoleh melalui pendidikan dan pelatihan kepustakawanan serta mempunyai tanggung jawab untuk melaksanakan pengelolaan & pelayanan perpustakaan dan istilah Pemutaka adalah pengguna perpustakaan yang memanfaatkan fasilitas layanan perpustakaan.

“Jangan sampai ketuker istilah pustakawan dengan pemustaka, pustakawan adalah profesi sama seperti halnya dosen atau guru, untuk menjadi seorang pustakawan harus melalui proses Pendidikan dan pelatihan kepustakawanan, jadi jangan menggunakan atau menjuluki orang yang bekerja di Perpustakaan dengan sebutan “si penjaga Perpus” Ketika memasuki dunia perkuliahan, harus membiasakan diri menggunakan Bahasa-bahasa yang baku” Ungkapnya.

Pemustaka mempunyai hak untuk memanfaatkan layanan yang ada di Perpustakaan dan memiliki kewajiban yaitu:

  • Wajib meletakan alas kaki dan meletakan di rak
  • Wajib mengisi daftar kunjungan
  • Wajib menitipkan jaket, tas, dll di loker yang tersedia
  • Wajib menjaga kebersihan
  • Wajib menaati tata tertib yang berlaku diperpustakaan

Tata Tertib Penggunaan dan Peminjaman Bahan Pustaka

  • Buku yang telah selesai dibaca wajib diletakan di tempat yang telah disediakan
  • Dilarang melibat halaman buku, memberi tanda, mencoret-coret, merobek buku atau merusak buku
  • Dilarang membawa buku koleksi keluar dari ruangan perpustakaan tanpa melalui proses peminjaman
  • Lama peminjaman buku 7 hari
  • Maksimal buku yang dapat dipinjam 3 eksemplar
  • Keterlambatan pengembalian buku dikenakan denda Rp.1000/hari
  • Kerusakan atau kehilangan buku dikenakan sanksi

Cara mencari buku dengan katalog online

  • Dapat di akses melalui e-library.darunnajah.ac.id
  • Cari judul buku yang kita perlukan
  • Klik detail koleksi
  • Ingat no.panggil buku
  • Cari ke rak penyimpanan sesuai no.panggil buku
  • Buku yang telah selesai dibaca wajib diletakan di tempat yang telah disediakan

 

Cara memanfaatkan Aplikasi Perpustakaan Digital ELIBRARY UDN

Bimbingan bagi pemustaka merupakan salah satu kegiatan penting untuk mengenalkan layanan-layanan yang dimiliki oleh perpustakaan. Juga merupakan salah satu strategi untuk memaksimalkan  pemanfaatan layanan perpustakaan. Kegiatan bimbingan pemustaka ini penting untuk dilakukan  agar perpustakaan dapat dimanfaatkan secara maksimal.

———————————–
Official Account University of Darunnajah:
Info Penerimaan: www.darunnajah.ac.id/pmb
Instagram: @univ.darunnajah
Facebook: Universitas Darunnajah Jakarta
Tiktok: univ_darunnajah
Whatsapp: 0812-2200-1443, 0812-4000-1302
Website: www.darunnajah.ac.id

 

Bimbingan Pemustaka