4 Hal ini Wajib Dilakukan Untuk Persiapkan PKKMB Hingga Kuliah

0
76

Universitas Darunnajah – Ada beberapa hal yang wajib kamu lakukan untuk persiapan kuliah bagi mahasiswa baru baik yang akan menjalankan PKKMB atau ospek tahun 2023 ini.

Mahasiswa baru yang siap kuliah tahun ini, perlu melakukan sejumlah persiapan agar perkuliahan berjalan lancar. Terlebih bagi mahasiswa baru yang akan merantau dan tinggal jauh dari rumah.

Pasalnya, ada perbedaan situasi maupun kondisi belajar pada saat SMA dengan masa perkuliahan. Termasuk perbedaan kondisi lingkungan sosial yang mungkin berbeda dengan tempat tinggal asalmu.

Cek persiapan penting bagi mahasiswa baru:

  1. Bangun sikap proaktif

Ketika berada di lingkungan baru, maka hal yang perlu kamu lakukan adalah menyesuaikan diri dengan lingkungan sosial. Lalu bagaimana agar kamu dapat menyesuaikan dengan lingkungan tersebut.

Salah satunya adalah bangun sikap diri yang proaktif. Dengan memiliki sikap proaktif maka kehidupan sosial kamu lebih terasa mudah.

  1. Cari tahu aturan-aturan dalam jurusan dan kampus

Ketika kamu menjadi seorang mahasiswa baru, maka kamu masuk dalam situasi berbeda. Artinya setiap aturan yang dulu kamu anut di sekolah yang lama akan berbeda pada saat kamu berada di jenjang perkuliahan.

Oleh sebab itu, kamu harus aktif mencari informasi terkait aturan-aturan di jurusan, fakultas, maupun universitas. Tujuannya agar kamu dapat mempelajari atau mengetahuinya terlebih dahulu sebelum memasuki kegiatan perkuliahan.

  1. Buat target UKM yang akan diikuti

Masa perkuliahan merupakan masa di mana kamu akan berkembang secara hard skill maupun soft skill. Salah satu media untuk mengembangkan soft skill kamu adalah mengikuti organisasi seperti unit Kegiatan Mahasiswa (UKM)

Akan tetapi, satu hal yang harus kamu perhatikan yaitu pemilihan UKM yang akan diikuti. Sesuaikan dengan bakat dan minat (passion).

  1. Buatlah Manajemen Waktu

Apabila kamu telah memasuki jenjang kuliah, maka kamu yang akan mengatur jadwal belajar. Berbeda dengan jenjang SD hingga SMA, dimana semua jadwal pembelajaran di atur oleh pihak sekolah.

Ini sebenarnya menjadi sebuah keuntungan. Tetapi juga bisa menjadi boomerang bagi kamu jika tidak pandai mengatur waktu.