Yuk Kenalan dengan Fakultas Bisnis Prodi Bisnis Digital !!!

0
387

Universitas Darunnajah

Temen-temen udah tau belum? ternyata mulai tahun ini Universitas Darunnajah mengadakan Prodi baru loh, yaitu Program Studi Bisnis Digital.

Tertarik sama prodi baru ini kan ? yuk kita kepoin apa aja sih yang dibahas tentang jurusan Bisnis Digital di Universitas Darunnajah.

Assalamua’laikum guys, sobat millenials, pada artikel kali ini, aku mau membahas tentang jurusan yang bisa dibilang baru banget di Negara kita ini, khususnya di Universitas Darunnajah. Yup, ga salah lagi yaitu jurusan Bisnis Digital. Mungkin temen-temen sobat preneurs masih asing dengan jurusan yang satu ini, atau awam banget ? gapapa guys, wajar aja kok. Karena memang jurusan Bisnis Digital di Universitas Darunnajah ini baru dibuka di tahun akademik 2022/2023. Jadi temen-temen yang daftar di tahun ini menjadi angkatan pertama dari jurusan ini loh, hebat banget.

Bicara soal Bisnis Digital, ternyata perkembangan teknologi di dunia ini sudah semakin cepat ya, karna memang seiring berkembangnya zaman juga perkembangan teknologi yang semakin meningkat. Alhasil dengan adanya teknologi, perkembangan perekonomian, usaha mikro menengah juga dipermudah dengan adanya teknologi, termasuk tantangan di era society 5.0.

Apa itu era Society 5.0 ?

Era society 5.0 yaitu ; “Menciptakan nilai-nilai baru dengan berkolaborasi dan bekerja sama dengan beberapa sistem yang berbeda, dan merencanakan standarisasi format data, model, arsitektur sistem, dll. Dan pengembangan sumber daya manusia yang diperlukan”.

Nah, buat sobat preneurs yang tertarik dengan Bisnis Digital dan ingin belajar bersama di jurusan ini, yuk siapkan diri temen-temen sobat preneurs untuk bergabung di Kampus Universitas Darunnajah.

Its your turn guys !

Universitas Yang Ada Jurusan Bisnis Digital

Di Indonesia Jurusan Bisnis Digital ini masih terbilang baru loh, jadi wajar banget kalau tidak semua perguruan tinggi memiliki jurusan ini. Universitas Padjajaran (UNPAD) adalah Perguruan tinggi pertama di Indonesia yang membuka jurusan Bisnis Digital pada tahun 2018, kemudian disusul oleh Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) pada tahun 2019 dan Universitas Negeri Jakarta (UNJ) pada tahun 2020. Selanjutnya, jurusan ini mulai bermunculan di beberapa Perguruan Tinggi Swasta (PTS), seperti Universitas Prasetiya Mulya dan Universitas Garut pada tahun 2020.

Ke depannya, mungkin akan muncul jurusan Bisnis Digital di universitas lain. Dan finally untuk saat ini, Universitas Darunnajah membuka peluang kepada temen-temen semua untuk belajar lebih dalam lagi perkuliahan tentang dunia Bisnis Digital. Lets go !

Materi Pembelajaran Jurusan Bisnis Digital Universitas Darunnajah

            Udah mulai penasaran ya temen-temen, kira-kira apa aja sih yang dipelajari di jurusan ini ? apakah setiap harinya di depan laptop/komputer ? apakah hanya di kelas aja belajarnya ? oke guys, kita spill beberapa mata kuliah dan program perkuliahan yang akan temen-temen pelajari jika nanti temen-temen kuliah di jurusan ini.

Semester 1

Di awal perkuliahan, temen-temen bakal perkenalan dulu sama materi-materi Bisnis Digital nih. Temen-temen akan belajar pengantar bisnis, pengantar program komputer, pengantar sistem akuntansi, marketing fundamental, dan materi-materi umum lainnya.

Semester 2-4

Memasuki semester 2, temen-temen udah mulai mendalami materi Bisnis Digital nih. Temen-temen akan belajar pengenalan database desain dan manajemen, inovasi dan kreativitas bisnis, E-marketing & E-CRM, Analisis Bisnis Digital, dll. Nah, makin seru kan ternyata pembelajarannya ?

Semester 5-6

Memasuki tahun ke-3 perkuliahan, temen-temen akan belajar Digital marketing, database system, capital fundraising, strategi Bisnis Digital dan implementasi, e-commerce technology, kuliah kerja nyata (KKN) dan berbagai materi perkuliahan Bisnis Digital lainnya yang semakin dalam dan spesifik.

Semester 7-8

Di tahun ke-4 perkuliahan, sepertinya sudah mulai santai nih. Temen-temen akan lebih banyak melakukan kegiatan di luar kampus, seperti internship. Gak perlu ditanya lagi, semester akhir tentunya sudah mulai ngurus-ngurus skripsi/tugas akhir.

Nah guys, itu tadi pembahasan mengenai pembelajaran di juruan Bisnis Digital. Oh iya, temen-temen. Di setiap semester genap kita mengadakan observasi/belajar di luar kampus loh, jadi akan lebih banyak praktikumnya dibandingkan teori. Secara jurusan Bisnis Digital, kalau hanya belajar teori tanpa praktik sepertinya kurang maksimal, ya ga temen-temen ?.

Bisnis Digital

Prospek Lulusan Prodi Bisnis Digital  

Temen-temen udah pada tau belum prospek kerja jurusan ini kemana aja ? ternyata prosepek lulusan Bisnis Digital juga sangat luas loh. Gimana gak luas, yang namanya teknologi digital zaman sekarang itu lagi naik-naiknya. Nih guys, kita kasih tau ;

  1. Start Up entrepreneur
  2. Start Up Consultant
  3. Data Analyst
  4. Data scientist
  5. Membangun Start Up
  6. Dll

Nah, itu dia ulasan dari jurusan Bisnis Digital Universitas Darunnajah. Gimana nih, guys, tambah semangat buat kuliah di jurusan ini kan? Intinya, persiapkan diri kalian sebaik mungkin untuk menghadapi dunia perkuliahan ya! Semoga ulasan ini bermanfaat buat kamu khususnya yang lagi kepo sama jurusan Bisnis Digital. Good luck, guys!

—————————————-

Website : www.darunnajah.ac.id

Pendaftaran : www.darunnajah.ac.id/pmb/

Whatsapp : 0812-2200-1443

Instagram : @univ.darunnajah

Facebook : Universitas Darunnajah Jakarta