Tips Wisuda Tepat Waktu

0
51

Lulus kuliah tepat waktu merupakan target pencapaian bagi seluruh mahasiswa. Karena wisuda adalah salah satu bukti bahwa seorang mahasiswa telah mencapai tujuan dalam menyelesaikan perkuliahan.

Tidak hanya efektif dalam menyelesaikan kuliah, tentunya efisiensi waktu sangat memberikan manfaat ekonomi dan memperluas peluang karir.

Terdapat banyak macam cara untuk mencapai sebuah tujuan, termasuk lulus kuliah tepat waktu. Dimulai dari langkah-langkah berikut ini:

  1. Make the main goal

Membuat tujuan utama sebagai pondasi atau pijakan selama masa studi di bangku kuliah.

  1. Prepare step by step for to do

Setelah mengetahui tujuan utama, dilanjutkan dengan perencanaan untuk mempermudah mencapai tujuan utama. Merencanakan studi dengan baik adalah langkah pertama yang sangat penting.

  1. Time Management

Salah satu kunci sukses disemua bidang yaitu manajemen waktu. Peralihan suatu kegiatan menuju kegiatan lainnya sangat efesien, because we know what will we do after this.

  1. Consistent

Dalam konsistensi, pencapaian target berkaitan dengan kebiasaan dan penggunaan waktu. Konsisten melakukan apa yang harus dilakukan, akan memberikan dampak positif bagi keberlangsungan hidup seorang mahasiswa. Habit will be behaviour.

  1. Memanfaatkan sumber daya yang tersedia

Setiap lembaga pendidikan (kampus) telah menyediakan berbagai fasilitas yang dapat di akses penuh oleh mahasiswa. Setiap mahasiswa diberikan kebebasan dalam memanfaatkan fasilitas kampus sebaik mungkin seperti, perpustakaan dan laboratorium. Selain itu, jangan sungkan untuk meminta bantuan para staf universitas, dosen, dan mahasiswa lainnya jika menghadapi kesulitan.

  1. Pintar dalam mencari teman, tempat, dan waktu

Dalam studi yang dilakukan tahun 1956 oleh psikolog dari kolese Swarthmore, ditemukan bahwa deskripsi seseorang mengenai suatu benda ternyata tergantung pada opini orang lain yang berada di sekitarnya. Berdasarkan riset tersebut terbukti bahwasannya orang sekitar sangat berpengaruh. “ Sepuluh orang terdekat dapat menggambarkan siapa anda. “ Seperti itulah kiranya kalimat yang sering kita dengar.

Pengetahuan hanya tinggallah pengetahuan saja, jika tidak dimbangi dengan sebuah tindakan. Al’ilmu bilaa ‘ilmin kaassyajari bila tsamarin. (ZF)