Universitas Darussalam Gontor Mempunyai Kekhasan Pendidikan

0
22

Universitas Darussalam Gontor Mempunyai Kekhasan Pendidikan

Universitas Darussalam Gontor tidak lepas dari cita-cita tiga orang ‘ulama pendiri Pondok Modern Darussalam Gontor, yaitu K.H. Imam Zarkasyi ,K.H. Ahmad Sahal, dan K.H. Zainuddin Fannani (dikemudian hari dikenal sebagai Trimurti).

Universitas Darussalam Gontor menerapkan sistem asrama (boarding system) untuk mendukung lingkungan pembelajaran yang efektif dan efisien. Mengikuti tradisi Pondok Modern Darussalam Gontor, UNIDA Gontor menetapkan Bahasa Arab dan Inggris digunakan sebagai pengantar pengajaran dan bahasa komunikasi untuk seluruh civitas academica.

Dr. Abdul Hafidz Zaid, M.A. Wakil Rektor 1 Universitas Darussalam Berkesempatan hadir dan mengisi acara di konferensi internasional Pesantren Se-Asia Tenggara. Pada kesempatan ini beliau memperkenalkan sistem Perguruan Tinggi Pesantren. diantaranya mereka mempunyai World Standar Graduate (Olah Zikir, Olah Raga, Olah Pikir, dan Olah Rasa).

Setelah KMI mengalami perkembangan pesat, Trimurti mengarahkan usaha menuju pendirian lembaga pendidikan yang lebih tinggi. Dengan visi demikian, pada tahun 1942 dibuka program pendidikan tinggi yang disebut dengan Underbow dan Bovenbow sebagai lanjutan untuk lulusan KMI. Kelanjutan program tersebut terhenti, karena kondisi penjajahan yang tidak memungkinkan penyelenggaraan kegiatan pendidikan yang efektif.

UNIDA mempunyai kekhasan Pendidikan: Implementasi Kurikulum berbasis islami ilmu pengetahuan dan Pembelajaran Bahasa Arab dan Inggris.

Di dalam Piagam Penyerahan Wakaf tersebut tertulis dengan jelas cita-cita Trimurti yaitu:

“..agar Pondok Modern Gontor yang diwakafkan dikembangkan menjadi universitas Islam yang berarti dan bermutu serta menjadi pusat pengkajian Islam dan Bahasa Arab sebagai bahasa Al-Quran.

———————————————————-
Official Account University of Darunnajah:
Penerimaan: www.darunnajah.ac.id/pmb
Instagram: @univ.darunnajah
YouTube : Universitas Darunnajah
Facebook: Universitas Darunnajah Jakarta
Tiktok: Universitas darunnajah
Maps Darunnajah : Universitas Darunnajah
Whatsapp: 081222001443081240001302
Website: www.darunnajah.ac.id