The Secret Magic of Saying “NO”

0
21

Dalam kehidupan seseorang tidak pernah terlepas dari pengambilan sebuah keputusan. Termasuk dimana saat seseorang didesak untuk memilih mengatakan “iya” atau ”tidak”. Memilih “iya” atau ”tidak” memiliki konsekuensi tersendiri bagi setiap orang. Tidak dapat dipungkiri hal yang harus dipilih akan berdampak besar dalam kehidupan.

Tidak adalah sebuah rasa sakit yang luar biasa, butuh keberanian untuk mengatakannya. Sering kali seseorang mengatakan “iya” untuk mengabulkan permintaan yang salah, menjalani hubungan yang buruk, atau melakukan pekerjaan yang menyita waktu. Padahal sejatinya mereka ingin menolak dengan mengatakan “tidak”.

Berapa kali perkataan “tidak” yang akhirnya hanya menyebabkan kesedihan, keputusasaan, perdebatan dan kecemasan?. Bahkan berjam-jam, berhari-hari, dan berbulan-bulan sebelum mengatakan tidak, mereka telah dipenuhi rasa cemas: “Haruskah?”, “Bisakah?”, “Apa yang akan terjadi?”. Akan tetapi harus disadari, bahwa setiap manusia mempunyai hak untuk berkata tidak. Setiap insan memiliki bill of right seutuhnya, yang orang lain tak bisa menggugatnya. Adapun hak-hak tersebut yaitu:

  1. Hak untuk mempertahankan hidup,
  2. Hak untuk menentukan tujuan hidup, dan
  3. Hak untuk memperjuangkan jalan kehidupan yang kita pilih.

Hak-hak di atas menciptakan ketidakterbatasan yang ada sebelum lahir. Terkadang kesulitan dalam hidup lebih besar daripada yang bisa kita pikul. Sering kali kesulitan tersebut adalah alamat yang dikirim ke mana seseorang harus pergi sehingga bisa kembali pada diri sendiri.

Pada akhirnya seseorang akan menemukan jembatan antara dunia kehampaan dan dunia kreativitas. Yaitu bersyukur sebagai kekuatan yang mengembalikan kehidupan, kekuatan yang mengubah kemiskinan menjadi kekayaan, dan kemarahan yang mengubah menjadi kasih sayang.

Seseorang yang tidak selalu merasa terancam, memiliki dasar yang kuat dalam hidup, dan siap melanjutkan perjalanan hidup, maka bersyukur adalah jalan keluar terbaik dari rumitnya kehidupan, dan kembali dalam jalur yang seharusnya.

Gagal dalam perjalanan kesuksesan adalah hal biasa. Yang luar biasa yaitu ketika mereka berhasil untuk kembali meniti kesuksesan dari awal. Karena seseorang tidak akan pernah keluar dari keputusasaan dan rasa sakit hanya dengan satu tindakan. Hidup bukan sihir. Hidup adalah dari hari ke hari, begitu juga proses yang ada di dalamnya.

Ingatlah ini bukan akhir, ini adalah tentang sekarang, tentang memilih bahagia sekarang juga dan berkata tidak pada semua yang menghalanginya. (ZF)