Sukses Digelar! Workshop Manajemen Ekologi dan Lanskap Pesantren

0
119

Parung-Bogor- Workshop Manajemen Ekologi dan Lanskap Pesantren yang diselenggarakan di Aula Damaskus Pondok Pesantren Darul Muttaqien berhasil menjadi wujud eksistensi program Manajemen Pesantren di Universitas Darunnajah yang diselenggarakan pada Selasa, 6 Februari 2024.

Acara ini menghadirkan sejumlah pembicara yang berkompeten di bidangnya, yaitu: Drs. K.H. Mad  Rodja Sukarta (Pimpinan Pondok Pesantren Darul Muttaqien Parung-Bogor), Dr. K.H. M. Habib Chirzin (Pembina Yayasan Pondok Pesantren Pabelan, Magelang), Angga Kautsar Ibrahim, S.T (Wakil Pengasuh Darunnajah 9 Pamulang), Prof. Dr. K.H. Didin Hafidhuddin, M.S (Ketua umum BKSPPI, guru besar IPB, Wakil Ketua dewan pertimbangan MUI Pusat) dan DR. K.H. Sofwan Manaf, M.Si. (Presiden Universitas Darunnajah).

Tercatat telah hadir 114 peserta dari berbagai pondok pesantren di Indonesia, yang berpartisipasi dan tertarik untuk belajar serta berbagi pengalaman tentang manajemen ekologi dan lanskap di pesantren. Acara ini juga dihadiri oleh sejumlah tokoh penting, antara lain, KH. Hadiyanto Arief, S.H., M.Bs. (Presiden Universitas Darunnajah), Dr. Much Hasan Darojat (Rektor Universitas Darunnajah), H. Hendro Risbiyantoro, M.S. (Wakil Rektor I Universitas Darunnajah), serta struktural Pondok Darunnajah dan Darul Muttaqien. Selain itu, peserta dari berbagai instansi dan pondok pesantren di Indonesia turut hadir untuk memeriahkan acara ini.

Pada workshop ini, pembicara membahas berbagai aspek manajemen ekologi dan lanskap pesantren, memberikan wawasan tentang pentingnya pengelolaan lingkungan pesantren secara berkelanjutan. DR. K.H. Sofwan Manaf, M.Si dan Drs. Prof. Dr. K.H. Didin Hafidhuddin selaku keynote speaker memberikan perspektif tentang menguatkan peran pesantren dalam manajemen lingkungan. Pemateri pertama, K.H. Mad Rodja Sukarta menyampaikan tentang Urgensi Manajemen Ekologi dan Landscape Berbasis Pesantren dengan studi kasus di Pondok Pesantren Darul Muttaqien. Pemateri Kedua, Dr. K.H. M. Habib Chirzin memberikan pengalaman Pondok Pesantren Pabelan Magelang saat mendapatkan penghargaan bergensi dibidang arsitektur internasional. Dan pemateri terakhir, Angga Kautsar Ibrahim, S.T memberikan meteri tentang manajemen lanskap berdasarkan pengalaman membangun Pondok Pesantren Darunnajah Pusat dan Cabangnya.

Workshop ini berlangsung selama satu hari penuh, dengan materi yang disampaikan oleh para narasumber, diskusi kelompok, dan kunjungan lapangan ke beberapa lokasi di Pondok Pesantren Darul Muttaqien.

Salah satu poin penting dalam acara ini adalah menciptakan forum kerjasama antara lembaga yang hadir dalam workshop, sebagai langkah positif untuk mengembangkan program-program bersama dalam bidang manajemen pesantren dan pelestarian lingkungan. “Saya harap, Workshop ini tidak hanya berhenti pada hari ini saja. Akan tetapi agar terus berkelanjutan dalam bekerjasama untuk mengembangkan lembaga bersama” ucap DR. K.H. Sofwan Manaf, M.Si pada sesi ketiga workshop.

 

Workshop ini diharapkan memberikan manfaat yang positif tidak hanya bagi pesantren sebagai lembaga pendidikan, tetapi juga untuk umat Islam. Dengan membahas manajemen ekologi dan lanskap pesantren, diharapkan dapat mendorong pesantren di seluruh Indonesia untuk lebih peduli terhadap lingkungan dan melibatkan komunitas dalam upaya pelestarian alam.

Penulis: Rizal
Editor: Maulidia

Untuk Informasi lebih lanjut, silakan menghubungi kontak di bawah ini.
Publikasi dan Dokumentasi – Rizal (0857-2999-4723)