Siap Launching, Tim Redaksi Jurnal Awladuna Mengikuti Pendampingan Pengelolaan Jurnal Kampus

0
80

Hari rabu (1/3/2023) tim redaksi jurnal Awladuna mengikuti pendampingan pengelolaan jurnal kampus yang diadakan oleh Universitas Darunnajah. Kegiatan dibuka oleh Rokimin, M.Pd selaku ketua LP3M Universitas Darunnajah Jakarta.

Saat memberikan sambutan yang bersangkutan mengatakan bahwa pada pendampingan pengelolaan Jurnal yang bertujuan untuk mempersiapkan akreditasi, khususnya jurnal kampus yang sudah rutin terbit dan akan diakreditasi pada tahun ini yaitu Edukasiana dan Sahaja. Oleh sebab itu Jurnal perlu melakukan manajemen pengelolaan sesuai dengan aturan.

Partisipasi Jurnal Awladuna pada pendampingan ini untuk mendapatkan kemajuan pengelolaan yang mana hari ini Jurnal Awladuna masih dalam progress perbaikan website namun telah siap untuk melakukan proses penerbitan artikel.

Narasumber pada pendampingan kali ini adalah Bapak Alfert Lazuardi. Beliau mengatakan bahwa untuk mendapatkan akreditasi sinta 6 dan 5 tidak sulit asal sudah ada website dan penerbitan berkala dan sudah memenuhi kriteria. Namun untuk mendapatkan akreditasi sinta 1-4 lebih sulit karena proses artikel sudah harus mendetail sesuai dengan alur pengelolaan.

Oleh sebab itu Lazuardi mengajarkan proses untuk pengelolaan jurnal. Hal yang harus dilakukan adalah meminta para author mengirim artikel melalui laman OJS jurnal. Kemudian Manajer jurnal membuatkan akun untuk para editor, reviewer, agar keduanya dapat melakukan proses review melalui laman dan mengunggah bukti review.

Ketika selesai proses artikel yang harus dilakukan adalah publish artikel. Ketika membuat laman publikasi artikel pada website jurnal ini biasanya dilakukan oleh manajemen produksi jurnal. Selanjutnya narasumber juga menjelaskan bahwa membuat make up laman OJS seperti heading jurnal, manajemen side bar, dan yang lainnya yang berkaitan dengan penanganan website memerlukan penangan sendiri karena hal tersebut berbeda dengan menejemen proses pengelolaan jurnal. Pengelola website memerlukan skill untuk coding.

Tim Redaksi Jurnal Awladuna Mengikuti Pendampingan Pengelolaan Jurnal Kampus via Zoom Meeting

Dari program pendampingan pengelolaan Jurnal dapat disimpulkan bahwa alur pengelolaan OJS tidak bisa instan dengan cara mengumpulkan artikel lalu publish hal ini bertentangan dengan proses OJS, maka perlu adanya alur yang sistematis sesuai dengan aturan pengelolaan yaitu ada riwayat digital dari penerimaan hingga publikasi artikel pada jurnal. (Dwi)

Official Account University of Darunnajah:
Penerimaan: www.darunnajah.ac.id/pmb
Whatsapp: 081222001443081240001302