Seminar Internasional:  Peningkatan Bahasa dengan Teknologi  dan Pendekatan Budaya

0
60

Jakarta –  Demi meningkatkan kualitas serta mutu Pendidikan dan pengajaran yang ada di kampus, pusat bahasa dan peradaban Universitas Darunnajah mengikuti Seminar Internasional online yang bertema kan “The Improvement of Arabic and English Language Learning: Technology & Cultural Approach via zoom meeting”.

Acara ini dihadiri oleh peserta dari berbagai latar belakang kampus seluruh Indonesia, Pusat Bahasa dan Peradaban Universitas Darunnjah diwakili oleh Al-Ustadz Fajar Nur Syah Alam, S.Pd, kepala staf pusat bahasa yang mengikuti acara tersebut hingga selesai.

Acara dibuka oleh Assoc. Prof. T. Syahrul Reza, M.Pd, beliau adalah Founder-CEO ASEAN Lecturer  Community. Adapun Pembicara pada Seminar Internasional ini adalah Prof. Dr. Hasanah M.A, beliau adalah Guru Besar Pengajaran dan Lingusitik Arab di Fakultas Bahasa Arab di UIS University Malaysia dan merupakah Ahli Bahasa di kampus tersebut.

Prof Hasanah mendapatkan keahlian bahasanya untuk pertama kali dari Darunnajah. Dirinya tercatat sebagai alumni Darunnajah angkatan ke-13.

Sedangkan yang  menjadi pembicara kedua ialah Erwin HARI Kurniawan, M.Pd, beliau adalah Dosen Pendidikan Bahasa Inggris di FKIP UNISKA Kediri.

Kegiatan Seminar Internasional ini  dimulai dari pagi 08.00 WIB sampai menjelang siang pukul 10.30 WIB, acara ini dihadiri sekitar 30 orang peserta dari berbagai instansi yang terdiri dari jajaran mahasiswa strata 1 dan 2 dari berbagai Kampus.

Kegiatan Seminar Internasional dibuka langsung oleh Assoc. Prof. T. Syahrul Reza, M.Pd, Founder-CEO ASEAN Lecturer  Community, dalam sambutan beliau, pentingnya seorang Tenaga pengajar dari guru maupun dosen untuk menguasai teknologi terkini, karena Sebagian pembelajaran Bahasa diera kini tidak lepas dari peran teknologi yang mendukung.

Pada Seminar Internasional kali ini merupakan bagian dari rihlah ilmiyah Prof. Dr. Hasanah M.A, beliau menyampaikan “perkembangan bahasa Arab modern didukung oleh perkembangan teknologi, maka dari itu pentingnya dalam menguasai teknologi diera sekarang, telebih sarana yang mampu meningkatkan pengajaran dan pembelajaran adalah penguasaan teknologi yang memadai ” demikian tutur beliau.

Adapun Erwin Hari Kurniawan, M.Pd  menyampaikan bahwa perkembangan bahasa Inggris dibutuhkan karena sasaran industry dan pembelajaran IT sangat berkembang, khusus di Indonesia.

Pusat Bahasa dan Peradaban Universitas Darunnajah berupaya untuk ikut berperan aktif dalam pengembangan bahasa dan teknologi.

Beberapa kiprah dari Lembaga ini seperti mengadakan kajian kebahasaan, seminar internasional bekerjasama dengan universitas Islam Madinah tentang pentingnya bahasa arab, serta kegiatan keilmuan lainnya.

Kegiatan terdekat yang akan dilaksanakan adalah kursus bahasa Indonesia untuk penutur asing. Kegiatan ini merupakan permintaan dari beberapa pengusaha Yaman serta pusat bahasa indonesia universitas KAIO Jepang.

Pusat Bahasa dan Peradaban  universitas Darunnajah berada langsung di bawah wakil Rektor bidang Akademik Al-Ustadz Dr. Muhammad Irfanudin Kurniawan M.Ag.

Mari tingkatkan kemampuan bahasa bersama pusat bahasa dan peradaban universitas Darunnajah.

Writter : Fajar Nur Syah Alam, S.Pd

 

Official Account University of Darunnajah:
Penerimaanwww.darunnajah.ac.id/pmb
Whatsapp081222001443081240001302