Ratusan Lembaga Pesantren dan Perguruan Tinggi, Jalin Kerjasama dengan Universitas Darunnajah

0
5
MoU, kerjasama, kerjasama perguruan tinggi, kerjasama pesantren, penandatanganan MoU, kerjasama antar perguruan tinggi
MoU

Ratusan Lembaga Pesantren dan perguruan tinggi, jalin kerjasama dengan Universitas Darunnajah

MoU, kerjasama, kerjasama perguruan tinggi, kerjasama pesantren, penandatanganan MoU, kerjasama antar perguruan tinggi
MoU

Jakarta, Ribuan kiai, pimpinan dan pengasuh pondok pesantren menghadiri acara Grand Launching Universitas Darunnajah Jakarta, 7-8 November 2022. Acara yang diinisiani oleh Universitas Darunnajah bekerja sama dengan Perhimpunan Pengasuh Pesantren se-Indonesia (P2i) ini juga dihadiri oleh Bpk. Jusuf Kalla, Hidyat Nur Wahid, Wakil Rektor Universias Madinah, dan tokoh-tokoh nasional lainnya. Wakil Presiden RI Prof. Dr. (HC.) K. H. Ma’ruf Amin, membuka acara Grand Launching Universitas Darunnajah secara daring.

Selain itu, diadakan pula Nota kesepahaman (MoU) antara Universitas Darunnajah dengan lembaga pendidikan mulai dari tingkat aliyah sampai perguruan tinggi.

Sebanyak 127 Lembaga pendidikan sudah mendaftar untuk melakukan tandatangan MoU dengan Universitas Darunnajah. “Kami tidak menyangka antusias lembaga yang ingin bekerja sama dengan Universitas Darunnajah begitu besar, ini menjadi kesyukuran sekaligus tantangan buat universitas Darunnajah.” Ujar Rahman Saktiawan, Tim Kerjasama Universitas Darunnajah.

Wakil Rektor I bidang Akademik, Ust. Muhammad Irfanuddin Kurniawan, M.Pd., memaparkan analisisnya mengenai banyaknya lembaga yang mau bekerja sama dengan Universitas Darunnajah. Menurut Beliau ada tiga point yang menjadi faktor pendorong banyaknya lembaga mau menjalin kerjasama dengan universitas darunnajah.

Point pertama, bahwa sekarang ini zamannya zaman sinergi dan kolaborasi. Pesantren-pesantren secara umum memahami bahwa perkembangan dunia Pendidikan tidak lepas dari kolaborasi. Melihat universitas Darunnajah lahir dari Rahim Pesantren, juga karena lokasi Universitas Darunnajah yang berada di pusat ibu kota, menjadi daya tarik tersendiri buat Lembaga-lembaga Pesantren dan Lembaga Pendidikan yang lain. Mereka ingin lebih dekat dengan darunnajah melalui Kerjasama dengan Universitas Darunnajah.

Point kedua, ada trend baru bahwa pesantren-pesantren berupaya untuk meningkatkan diri. Kalau selama ini, pesantren identik dengan Pendidikan menengah kebawah. Maka, pasca turunnya SK Universitas Darussalam Gontor tahun 2014, dan SK Universitas Darunnajah tahun 2020 pesantren-pesantren ini akhirnya lebih terbuka dan berusaha untuk meningkatkan level atau jenjang pendidikannya tidak lagi dilevel menengah kebawah tetapi berusaha meningkatkan diri ke level menengah ke atas bahkan sampai ke perguruan tinggi. Ini menandakan pentingnya Kerjasama karena tidak ada Lembaga yang bisa maju sendirian.

Point ketiga, terbitnya undang-undang Pesantren/Mu’adalah merupakan suatu kesyukuran yang harus dimaksimalkan oleh setiap Lembaga pesantren. Bentuk rasa syukur itu dengan terus berupaya meningkatkan kualitas penddidikannya sehingga bisa berprestasi baik ditingkat nasional maupun ditingkat Internasional.

———————————————————-
Official Account University of Darunnajah:
Penerimaan: www.darunnajah.ac.id/pmb
Instagram: @univ.darunnajah
YouTube : Universitas Darunnajah
Facebook: Universitas Darunnajah Jakarta
Tiktok: univ_darunnajah
Whatsapp: 081222001443081240001302
Website: www.darunnajah.ac.id