Wakil Presiden Republik Indonesia Prof. Dr. K. H. Ma’ruf Amin: Meresmikan Universitas Darunnajah

0
33
Wakil Presiden

Wakil Presiden RI pada Grand Launching Universitas Darunnajah dan Konferensi Internasional Pengasuh Pesantren se-Asia Tenggara secara (Daring)

EMPAT HARAPAN WAKIL PRESIDEN RI KH MA’RUF AMIN KEPADA UNIVERSITAS DARUNNAJAH

Allah menganugerahkan pikiran kepada manusia untuk menghasilkan peradaban. Potensi manusia tersebut akan menjadi optimal melalui pendidikan. Pendidikan pula yang menjaga keberlangsungan kemampuan dan tingkat kompetitif individu.

Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional mengamanatkan, bahwa tujuan pendidikan nasional adalah untuk mencerdaskan kehidupan bangsa dan mengembangkan manusia Indonesia seutuhnya. Yaitu insan yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Mahaesa, serta berbudi pekerti luhur, mempunyai pengetahuan serta keterampilan, kesehatan jasmani dan rohani, kepribadian yang mantap, berdikari, serta rasa tanggung jawab kemasyarakatan dan kebangsaan.

Untuk mewujudkan tujuan tersebut, pemerintah tidak cukup bekerja sendiri, tapi membutuhkan dukungan dari seluruh pemangku kepentingan. Termasuk penyelenggara dan pemerhati bidang pendidikan.

Oleh sebab, itu saya menyampaikan apresiasi atas ikhtiyar keluarga besar Yayasan Darunnajah yang berperan aktif memajukan dunia pendidikan dan keagamaan dengan mendirikan universitas Darunnajah. Hal ini dilakukan untuk merespons tuntutan perkembangan zaman serta memenuhi kebutuhan masyarakat untuk mendapatkan akses pendidikan.

Hadirin yang berbahagia, Yayasan Darunnajah sesungguhnya bukanlah pendatang baru di bidang pendidikan di Indonesia, karena telah berkiprah selama lebih dari 60 tahun.

PADA HARI INI Yayasan Darunnajah meraih pencapaian baru dengan meluncurkan Universitas Darunnajah. Saya mengucapkan selamat, sekaligus saya menitipkan beberapa pesan.

PERTAMA, saya meminta Universitas Darunnajah menjalankan PENDIDIKAN YANG INKLUSIF dan BERKUALITAS untuk semua.

KEDUA, universitas berfungsi untuk mengembangkan keahlian dan bakat individu yang sesungguhnya dipersiapkan untuk memajukan perekonomian dan mengurangi kemiskinan negara. Individu – individu yang dihasilkan dari universitas harus menjadi angkatan kerja yang mumpuni dan lincah dalam menghadapi aneka tantangan di dunia kerja.

Saat ini visi kita bukan saja di tingkat nasional, melainkan kita ingin mewujudkan tenaga kerja yang kompetitif di tingkat global. Saya harap Universitas Darunnajah menjadi salah satu institusi yang mampu memenuhi target ini. Dari Universitas Darunnajah akan lahir profesional dan ahli yang dibutuhkan oleh negeri.

KETIGA, universitas adalah tempat mengembangkan pengetahuan dan teknologi baru melalui penelitian. Universitas memiliki akses paling banyak terhadap ilmu pengetahuan global yang diambil dan dimanfaatkan untuk kemajuan di dalam negeri. Oleh sebab itu, Universitas Darunnajah harus mengoptimalkan fungsi ini agar menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi serta melakukan inovasi secara terus menerus. Untuk itu, Universitas Darunnajah harus mengembangkan kerja sama seluas-luasnya dengan institusi lain baik di dalam maupun luar negeri.

KEEMPAT, sebagai lembaga perguruan tinggi berbasis pesantren, saya mengharapkan Universitas Darunnajah turut berkontribusi mengembangkan dan menyebarkan ilmu-ilmu keislaman, al-Ulum as-Syar’iyyah dalam rangka i’dadul mutafaqqihiina fiddiin, orang-orang yang memahami agama, yang berpaham moderat, sehingga Indonesia dapat menjadi rujukan Islam Wasathiyah bagi dunia.

Selain itu saya mengharapkan dukungan pengembangan pengetahuan di bidang ekonomi dan keuangan syariah. Kita memiliki cita-cita besar di bidang ini, yang membutuhkan kontribusi pemikiran dari banyak ahli.

Sebagai penutup, saya berharap, hadirnya universitas Darunnajah menjadi sumbangan yang lebih besar dan lebih luas untuk kemajuan bangsa yang dimotori oleh para kiai, dosen, pengasuh, dan pengajar, di seluruh cabang lembaga pendidikan milik Yayasan Darunnajah.

Insya Allah, ikhtiyar ini akan mengantarkan sekaligus membimbing para mahasiswa dan santri Darunnajah menjadi generasi yang shaleh, yang cerdas, yang terampil, dan mandiri, dalam memajukan peradaban umat Islam, dan dakwah Islam yang rahmatan lil ‘alamin di negara Indonesia yang kita cintai ini.

Akhirnya dengan mengucap bismillahirrahmanirrahim  grand launching  Universitas Darunnajah saya resmikan.

Semoga Allah subhanaHu wa ta’ala senantiasa memberikan inayahnya dan meridhai semua ikhtiyar yang kita lakukan.

Wallahul muwafiq ila aqwamit thariq, wassalamu ‘alaykum wa rahmatullahi wa barakatuh .

———————————————————-
Official Account University of Darunnajah:
Penerimaan: www.darunnajah.ac.id/pmb
Instagram: @univ.darunnajah
YouTube : Universitas Darunnajah
Facebook: Universitas Darunnajah Jakarta
Tiktok: Universitas darunnajah
Maps Darunnajah : Universitas Darunnajah
Whatsapp: 081222001443081240001302
Website: www.darunnajah.ac.id