Poin – Poin Terkait Konferensi Mahasiswa Nasional

0
88

Konferensi Mahasiswa Nasional Jilid III ini sudah dilakukan sebanyak 3 kali oleh pengurus DEMA UIN Jakarta, dilaksanakan pada hari Selasa hingga Rabu, 14-15 maret 2023 di Pusat TIK Nasional. Dengan adanya ini bertujuan agar seluruh mahasiswa Indonesia berkumpul didalan satu ruangan dan membahas dengan tema “Optimalisasi SDM Unggul Demi Tercapainya Sustainable Development Goals (SDGs) 2030 di Indonesia”. Pada kegiatan ini dihadiri oleh 88 Peserta dari 32 Delegasi Universitas yang ada diseluruh Indonesia.

Peserta Konferensi

Deputi Kepala Staff Kepresidenan Republik Indonesia yang diwakili oleh Bapak Abetnego Taregan, ada beberapa poin yang beliau sampaikan, diantaranya :

  1. Tantangan Global dalam sikap ini akan selalu hadir seperti krisis keuangan, krisis energi, krisis pangan dll. Sehingga tinggal kita pikirkan bagaimana cara mengatur strateginya agar bisa menghadapi masalah tersebut
  2. Menjamin kualitas pendidikan yang inklusif dan merata meningkatkan kesempatan belajar sepanjang hayat untuk semua masyarakat Indonesia.
  3. Target 2030 yang dimana bisa meningkatkan guru yang berkualitas dan membangun fasilitas pendidikan yang aman serta peserta didik memperoleh pengetahuan dan ketrampilan yang baik.

Mentri Koordinator Pembangunan Kebudayaan dan manusia republik Indonesia (KEMENKO PMK) diwakilkan oleh Bapak Agus Suprapto juga menyampaikan poin bahwasannya mahasiswa harus memiliki kekayaan yang INTELJIBEN dahulu baru kekayaan TELJIBEN. Sehingga dengan adanya kekayaan INTELJIBEN (Jujur, Disiplin dll) akan membawa karakteristik yang baik dan Kekayaan TELJIBEN Akan mengikutinya.

Dalam sesi selanjutnya dihadiri oleh Ir. Tri. Rismaharini, M.T (Mentri Sosial Republik Indonesia) yang dimana beliau menyampaikan bahwa “banyak masyarakat menjadi eksportir karena mereka mempunyai potensi yang baik dan mengelola potensi yang dimiliki. Adanya kelebihan yang kita miliki itu bisa menjadi trigger buat kita agar bisa mendapatkan potensi yang baik. Dengan menjaga persatuan dan kesatuan yang harus diperabiki dalam negri ini sehingga kalian sebagai mahasiswa harus menjadi Agent Of Change, Kalo bukan kita siapa lagi?”.

Tidak lupa juga dihadiri oleh Dr, Sri Gunadi perwakilan dari KEMENDIKBUDRISTEK yang membahas mengenai Transformasi Pendidikan Tinggi untuk SDM Berkualitas & SDGs. Beliau berharap kepada mahasiswa agar memiliki ketrampilan IT yang harus dimiliki sehingga bisa membangun sytem yang lebih relevan dan memanfaatkan media-media yang dibangun untuk membangun potensi yang dimiliki oleh mahasiswa. (Moh Fariz Dzikrul Kholik)