11 November 2024 – Universitas Darunnajah terus berkomitmen meningkatkan mutu pendidikan dan layanan kepada seluruh civitas akademika melalui program-program yang dijalankan oleh biro-biro di bawah koordinasi Wakil Rektor II, Samiyono, M.Pd. Laporan ini menyoroti pencapaian, perbaikan yang dilakukan, serta pesan motivasi dari Wakil Rektor II untuk mengoptimalkan pengelolaan di berbagai aspek universitas.
Dalam kesempatan ini, Samiyono, M.Pd., mengingatkan pentingnya sikap ikhlas, sabar, dan ketangguhan dalam menghadapi tantangan. Beliau juga menekankan pentingnya solidaritas dan kepedulian antar tim, terutama dalam membantu sesama di saat sulit.
“Teman yang baik adalah mereka yang hadir saat kita terjatuh,” ucapnya. Beliau mengajak seluruh pihak untuk bersikap transparan dalam menyelesaikan masalah dan memaksimalkan program kerja yang belum terlaksana dengan baik. Sebelum menyelesaikan masa jabatan, beliau menegaskan perlunya membangun sistem kerja yang solid. Samiyono,M.Pd., juga menekankan pentingnya perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi yang terukur dalam setiap kegiatan.
IT Center, di bawah pimpinan Masru’in,S.Kom., dan Andri Lesmana, S.Kom., mencatat kemajuan penting, termasuk dokumentasi penerimaan santri baru yang terintegrasi dengan sistem pondok. Selain itu, sistem pembayaran formulir pendaftaran dan SPP telah berjalan dengan baik, meningkatkan efisiensi layanan bagi santri dan orang tua. IT Center terus mengembangkan sistem digital kampus, termasuk instalasi lokal dan transformasi nilai untuk pengembangan ke depan.
Biro Pengembangan Teknologi Informasi (BPTI), yang dipimpin oleh Nurhakim, memasang jaringan Wifi Biznet untuk memperkuat akses internet di kampus. Mereka juga fokus mengembangkan web keuangan dan sistem manajemen SDM, yang bertujuan mendukung pengelolaan administrasi secara lebih efektif. BPTI terus berperan dalam proses akreditasi dan transformasi digital kampus dengan pengelolaan data yang terintegrasi dan mudah diakses.
TU Keuangan, dipimpin oleh Ida Fitriah, S.Pd., melaporkan tentang Layanan Keuangan yang Cepat dan Efisien, TU Keuangan memastikan kelancaran berbagai proses keuangan, mulai dari pembuatan tagihan UTS hingga transfer ihsan dosen, serta menangani keluhan mahasiswa terkait pembayaran secara cepat dan efektif. Pelayanan keuangan yang terintegrasi menjadi prioritas untuk memberikan kenyamanan bagi seluruh civitas akademika.
Biro Sumber Daya Manusia (BSDM), yang dipimpin oleh Asro, S.H.I., fokus pada pelengkapan Standar Operasional Prosedur (SOP) seperti SOP Pekerti, SOP PKDB, dan instrumen kepuasan dosen serta tenaga kependidikan. Selain itu, BSDM terus memperbarui data dosen, mulai dari pendidikan, jabatan fungsional, hingga kepakaran, agar dapat terintegrasi dengan sistem PDDIKTI dan SISTER. Langkah ini bertujuan memperkuat pengelolaan SDM berbasis data akurat dan sistem kerja yang terstandar.
Bagian Sarana dan Prasarana (SARPRAS) yang dipimpin oleh Muhamad Rido,S.Kom melaporkan pada pemenuhan kebutuhan fasilitas seperti ruang dosen, kursi kelas, serta pengecekan fasilitas pendukung lainnya. Persiapan ruang kelas dan inventarisasi fasilitas dilakukan secara rutin untuk memastikan kegiatan akademik berjalan lancar dan menciptakan kenyamanan bagi seluruh civitas akademika.