Pelatihan PKDP – Menjadi Dosen Kompeten dan Profesional

0
34

Slogan “Dosen adalah pembelajar dan pendidik sepanjang masa” menjadi penyemangat dan tantangan setiap Dosen untuk selalu mengembangkan kompetensi. Salah satunya adalah dengan diselenggarakannya Pelatihan Kompetensi Dosen Pemula (PKDP) di Padang Sumatera Barat pada tanggal 19-23 Desember 2022 atas kerjasama Direktorat Jenderal Pendidikan Islam, Badan Litbang dan DIklat, serta Lembaga Pengelolaan Dana Pendidikan (LPDP).

Tujuan dari pelatihan ini adalah untuk menyiapkan dosen yang kompeten dalam pelaksanaan Tri Dharma PT. Pelatihan PKDP kali ini adalah yang pertama, dan akan diselenggarakan di tahun-tahun yang akan datang sebagai persyaratan pengajuan sertifikasi Dosen. Pelatihan ini diikuti oleh seluruh peserta sertifikasi dosen yang berjumlah 1700 yang terbagi dalam 15 provinsi dan tersebar di 17 Perguruan Tinggi Penyelenggara (PTP) yakni: Universitas Islam Negeri (UIN) Ar-Raniry Aceh, UIN Sumatera Utara, UIN Riau, UIN Padang, UIN Jambi, UIN Palembang, UIN Lampung, UIN Jakarta, UIN Bandung, UIN Purwokerto, UIN Yogyakarta, UIN Semarang, UIN Malang, UIN Surabaya, UIN Mataram, UIN Banjarmasin dan UIN Makasar. Pelatihan terbagi menjadi dua; 5 hari secara offline dan 57 hari di kampus masing-masing dengan jumlah 200 jam pelatihan.

Seminar Peningkatan Kompetensi Dosen

Salah satu Dosen Universitas Darunnajah, Duna Izfanna M.Ed, Ph,D mengikuti pelatihan di PTP UIN Imam Bonjol, Padang Bersama dengan 80 peserta lain dari Perguruan Tinggi Negeri dan Swasta. Acara dibuka secara hybrid oleh Dirjen Pendidikan Islam Kementrian Agama RI, Prof Ali Ramdhani. Beliau menyatakan Dosen adalah pendidik professional yang mengemban amanah yang mulia untuk membangun peradaban dunia melalui Tri Dharma PT. kehadiran Dosen bukan hanya di dalam kelas, tapi juga membuka kunci kesuksesan mahasiswa dan dunia yang memerlukan kompetensi-kompetensi yang perlu terus ditingkatkan sesuai dengan tuntutan zaman. Tugas dosen ada 8 ruang: (1) memfasilitasi pembelajaran, (2) membimbing mahasiswa untuk berfikir kritis, (3) membina mahasiswa dari segi intelektual, (4) menciptakan kegiatan ilmiah, (5) membangun kegiatan ilmiah, melakukan penelitian, dan mendesiminasi ilmu melalui tulisan, (6) melakukan pengabdian kepada masyarakat, (7) aktif dalam mengelola kampus, serta (8) melibatkan diri dalam organisasi profesi dan bekerjasama dengan rekan sejawat di dalam dan luar kampus.

Tugas Dosen

Selain itu, Prof Ali Ramdhani juga mengingatkan Standar profesionalisme dosen ada empat, yaitu; kepakaran, pengembangan kepakaran, kualitas layanan profesi, dan etika. Begitu juga dengan empat kompetensi yang harus terus dikembangkan, yaitu; kompetensi professional, pedagogik, kepribadian, dan sosial.

Setelah pembukaan, materi diawali dengan overview akademik dan building learning commitment yang disampaikan oleh Dr Enidar M.Pd sebagai motivasi dan kontrak selama pelatihan berlangsung. Materi pelatihan di antaranya membahas tentang Kebijakan Peningkatan Kapasitas Perguruan Tinggi Keagamanan oleh Prof Dr Martin Kustati, M.Pd (Rektor UIN Imam Bonjol, Padang), Sistem Pelatihan dan Pengembangan SDM di Kementrian Agama oleh Dr. Apriyanto (Dplt litbang, Padang).

Hari kedua membahas tentang Perencanaan Pembelajaran oleh Prof Dr H. Syafruddin Nurdin M.Pd, CIQaR, Model Pembelajaran di era 4.0 dengan Dr. M. Kosim, dan Dasar-dasar Komunikasi Pembelajaran oleh Dr Remiswai S.Ag, M.Pd. sedangkan hari ketiga mengenai Evaluasi Pembelajaran, Dr Zainal Asril M.Pd, Media Pembelajaran oleh Dr Milya Sari, Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) dengan Dr Nana Sepriyanti, serta Peningkatan Kapasitas Dosen oleh Dr. Hasanuddin Ali (staf khusus Kemenag RI). Dilanjutkan di hari ketiga dengan materi Prosedur dan Teknik Penyusunan Artikel Ilmiah oleh Prof Dr Hetti Waluati Triana dan materi “Jabatan Fungsional Dosen dan Angka kreditnya” oleh Dr Mamat Salamet Burhanudin M.Ag (kasubdit ketenagaan). Untuk menilai dan mengukur respon peserta, peserta diwajibkan mengisi pre test dan post test.

Pelatihan ditutup pada hari Jum’at, 23 Desember 2022 tepat pada pukul 18.00 oleh Wakil Rektor I Universitas Imam Bonjol Sumatera Barat Prof. Dr. Yasrul Huda, MA. Beliau mengingatkan ada tiga tindakan atau langkah yang harus dikerjakan oleh dosen ke depannya, yakni: (1) melaksanakan pengajaran (teaching) secara lebih berkualitas. (2) menulis di jurnal, dan (3) mempublikasinnya di Jurnal terakreditasi nasional dan bahkan internasional. Ketiga langkah tersebut, menurut Prof Yasrul Huda, MA mutlak harus dilakukan secara simultan untuk menjadi Dosen yang professional dan diakui reputasi akademiknya.

____________________________
Official Account University of Darunnajah:
Penerimaanwww.darunnajah.ac.id/pmb
Instagram@univ.darunnajah
YouTube : Universitas Darunnajah
FacebookUniversitas Darunnajah Jakarta
TiktokUniversitas darunnajah
Maps Darunnajah : Universitas Darunnajah
Whatsapp081222001443081240001302
Websitewww.darunnajah.ac.id