Menjadi Copywriter dan Jurnalis Handal

0
96

Jakarta, Universitas Darunnajah   mengadakan Pelatihan Jurnalistik Menjadi Copywriter dan Jurnalis Handal. Yang dihadiri oleh Tim Media, Mahasiswa Universitas Darunnajah, dan peserta umum.

Acara tersebut berlangsung selama satu hari (18/03), dari jam 08.30 WIB – 16.00 WIB. Materi besar yang dibahas pada pelatihan kali ini yaitu tentang Copywriting, Jurnalistik dan how to using Canva.

Copywriter merupakan jembatan atau penghubung antara subjek dengan objek. Pelatihan jurnalistik memuat tips reportase dan penulisan berita. Sedangkan How to using Canva mengangkat teori sebagai dasar dalam pengimplementasian canva.

Pelatihan jurnalistik yang digelar oleh Universitas Darunnajah ini, dihadiri oleh Husni Muhammad Rifqi, sebagai pemateri pertama mengenai Copywriting. Kharis Muttaqin, seorang Graphic and Brand Designer sebagai pemateri kedua. Dan Erdy Nasrul, seorang jurnalis harian umum Republika, sebagai pemateri ketiga.

Tujuan dari pelatihan ini untuk mengasah kemampuan para peserta, dan memperkenalkan Jurnalistik bagi para pemula.

“Kita adalah santri, hidup di pesantren. Tapi pengetahuan kita harus jauh meluas mengenai teknologi, mengingat era saat ini adalah digitalisasi.” Ucap Ustad Hasim Abdul Jamil, M.Pd ketika menyampaikan sambutan dalam acara Pelatihan Jurnalistik.

Di dalam aula Ibnu Rusyd tempat pelaksanaan pelatihan jurnalistik, terlihat sangat jelas antusiasme para mahasiswa yang hadir, dan peserta lainnya.

Dibuktikan dengan antusiasme peserta yang bertanya pada narasumber, serta dialog singkat antar narasumber dan peserta

Mahasiswa dengan inisial AM bertanya kepada pemateri ketiga ” Bagaimana cara menciptakan ciri khas atau karakteristik khusus, agar media kita mudah dikenal oleh orang lain?”. Erdy Nasrul selaku narasumber menjawab: ” Untuk menciptakan ciri khas dalam suatu media, bergantung pada pembelajaran dan pelatihan yang didapat, serta syarat standart yang ditetapkan oleh suatu media. Sehingga nantinya akan terbentuk suatu kebiasaan yang menjadi karakteristik media tersebut”

Digelarnya acara ini, bisa menjadi wadah bagi para mahasiswa dan peserta, khususnya bagi Tim Media Universitas Darunnajah untuk pembelajaran dan pelatihan agar tidak terjadi stagnasi dalam sistem informasi Universitas Darunnajah.

Sebagaimana yang dinyatakan oleh salah seorang mahasiswa Universitas Darunnajah, yang berinisial AMP _” Saya sebagai anggota Tim Media Universitas Darunnajah, mengharuskan diri untuk selalu berkembang, dan mengasah kemampuan.”_(ZF)