Mahasiswa UDN Aktif Mengikuti Kajian Risalah Nur

0
65

Ciputat, Tangerang Selatan, Kamis, 31 Agustus 2023, Universitas Darunnajah jakarta mengunjungi sekaligus mengikuti kajian Risalah Nur di Yayasan Nur Semesta. Kedatangan utusan dari Universitas Darunnajah Jakarta untuk mengikuti salah satu program dari yayasan Nur Semesta yaitu kajian Risalah Nur di Darshane.

Yayasan Nur Semesta berdiri pada tahun pada tahun 1998. Ada dua delegasi turki yang dikirim ke indonesia untuk menyebarkan risalah nur yaitu ust hasbi dan ust fatih. Penyebaran risalah nur dilakukan dengan berbagai cara diantaranya:

  1. Simposium International pada tahun 2000 di Indonesia
  2. Simposium inter pada tahun 2001 di Jogja
  3. Simposium inter pada tahun 2001 di Palembang

Pada tahun 2007 dibukalah yayasan Risalah Nur dengan membangun dershane (tempat belajar/asrama) di daerah ciputat, tangerang selatan dengan visi Memperkenalkan pemikiran Ust said nursi.

Adapun program dakwah yang ada di yayasan risalah nur atau disebut yayasan nur semesta yaitu:

Kajian risalah nur di dershane, Baca Risalah Nur, Okumakcamp, Bedah Buku, Simposium International, Karya Ilmiah, Webinar di Universitas, Risalah Nur Corner, Qurban, Bagi-bagi Sembako, dan Media Sosial.

Biasanya yang menghadiri kajian adalah santri yang tinggal menetap di asrama, mahasiswa, ibu rumah tangga, anak remaja, dan akhwat lainnya yang ingin belajar Risalah Nur.

Dan pada kamis malam 31 Agustus 2023 sebahagian mahasiswa Universitas Darunnajah Jakarta ikut serta mengikuti kajian Risalah Nur. Ada 6 mahasiswa yang diutus untuk mengikuti kajian Risalah Nur 4 diantaranya adalah perempuan dan 2 sisanya adalah laki-laki.

Tempat untuk kajian dipisah antara ikhwan (Laki-laki) dan Akhwat ( perempuan). Adapun Ikhwan mengkaji kitab Al-Lama’at nomer ke delapan sampai ke sebelas yang berisi tentang  mencintai amal yang di abdikan untuk ibadah. Sedangkan yang Akhwat membahas tentang tuntunan generasi muda.

Karena pusat yayasan berasal dari turki maka sering kali kami kedatangan tamu dari turki dan mereka adalah pembaca risalah nur (tulabunnur). Kedatangan mereka yaitu untuk mengetahui bagaimana perkembangan dakwah risalah nur di indonesia. Selain itu, mereka juga sering kali menjadi pembicara saat sesi kajian atau seminar ketika berkunjung ke indonesia. Isi dari kajian tersebut tentu seputar risalah nur, badiuzzaman said nursi, dan juga budaya turki-indonesia.